Max Verstappen Lega Menangi Formula 1 Spanyol Usai Terkendala DRS

Anindhya Danartikanya | 23 Mei 2022, 09:33
Pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo
Pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen, merasa sangat senang bisa merebut kemenangan dalam Formula 1 GP Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Minggu (22/5/2022) usai sempat mengalami kendala pada DRS. Apalagi pesaing terdekatnya, Charles Leclerc, gagal finis.


Start dari pole, Leclerc memimpin balapan sejak lap pembuka, dan pembalap Scuderia Ferrari itu diikuti oleh Verstappen yang mempertahankan posisi kedua. Namun, Verstappen melebar di Tikungan 4, sehingga tersalip oleh pembalap Mercedes AMG Petronas, George Russell dan tandemnya sendiri, Sergio Perez.

Verstappen masuk ke area gravel, namun mampu kembali ke trek. "30 lap pertama bikin saya sangat frustrasi setelah melebar di Tikungan 4, hal yang bikin saya kaget karena saya tak merasa terlambat mengerem atau melaju dengan kecepatan lebih tinggi ketika masuk tikungan," ujarnya via Autosport.

1 dari 2 halaman

Tak Ada Kerusakan Usai Melebar di Tikungan 4

Pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

Di lain sisi, Verstappen juga yakin kesalahannya itu didukung oleh angin kencang. "Di sana memang berangin. Pada satu lap, mobil terasa stabil, dan pada lap berikutnya Anda bisa dapat oversteer berlebih di mana-mana. Jadi, mungkin itulah yang bikin saya kaget, dan kondisinya tak ideal," tuturnya.

Untungnya, meski masuk ke gravel, mobil Verstappen tak mengalami kerusakan. "Saya tak merasakan adanya kerusakan. Sekalinya saya kembali ke trek, mobil saya terasa normal, jadi saya jelas beruntung," lanjut sang juara dunia bertahan ini.

Meski begitu, pembalap berusia 24 tahun ini sempat frustrasi karena tombol DRS-nya sama sekali tak berfungsi, sehingga ia kesulitan menyalip Russell. Ia bahkan tak segan melemparkan amarahnya lewat radio tim.

2 dari 2 halaman

Kini Naik ke Puncak Klasemen

Pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

Verstappen mengaku telah melakukan segala cara demi mengaktifkan DRS-nya, namun tetap tak berhasil. Meski begitu, ia merasa lega akhirnya bisa meraih kemenangan dan meraih 25 poin yang penting.

"Tak ada yang bisa saya lakukan. Saya memencetnya sekitar 50 kali pada suatu saat di trek lurus, dan sayap kami sama sekali tak terbuka. Jadi, jelas ada masalah. Saya sudah mencoba berbagai macam hal berbeda. Namun, tetap malfungsi.

Berkat kemenangan ini, Verstappen merangsek ke puncak klasemen pembalap dengan koleksi 110 poin. Ia unggul 6 poin atas Leclerc, yang kini melorot ke posisi kedua. Leclerc gagal finis usai mengalami kendala mesin pada Lap 27.

Sumber: Autosport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR