Max Verstappen Juara, Sang Bos: Red Bull Gratis Seumur Hidup untuk Nicholas Latifi

Anindhya Danartikanya | 14 Desember 2021, 09:46
Christian Horner dan Max Verstappen (c) AP Photo
Christian Horner dan Max Verstappen (c) AP Photo

Bola.net - Team Principal Red Bull Racing Honda, Christian Horner, mengaku akan memberikan suplai minuman berenergi Red Bull secara gratis kepada pembalap Williams Racing, Nicholas Latifi, yang memengaruhi perebutan gelar dunia antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton di Formula 1 GP Abu Dhabi, Minggu (12/12/2021).


Verstappen dan Hamilton sengit berebut gelar sejak awal musim. Saking sengitnya, mereka memasuki balapan penutup di Abu Dhabi dengan poin setara. Yang finis di depan satu sama lain, otomatis jadi juara. Dalam balapan itu, Verstappen start dari pole. Namun, Hamilton menyalipnya dan memimpin sejak lap pertama.

Kecelakaan Latifi pada Lap 53 yang mengundang Safety Car pun mengubah situasi. Dalam periode itu, Red Bull meminta Verstappen pit stop untuk ganti ke ban lunak. Uniknya, FIA Stewards meminta Safety Car masuk ke pit pada akhir Lap 57. Alhasil, pada lap 58 alias terakhir, Verstappen menyalip Hamilton dan keluar sebagai juara.

1 dari 2 halaman

'Terima Kasih, Nicholas Latifi!'

Kepada Channel 4, seperti yang dikutip Crashnet pada Senin (13/12/2021), Horner mengakui timnya memang butuh keajaiban agar Verstappen menang dan juara. Pasalnya, sebelum periode Safety Car, Hamilton sempat unggul lebih dari 10 detik. Horner pun berterima kasih pada Latifi dan mensyukuri kebijakan FIA Stewards.

"Ia akan dapat suplai Red Bull seumur hidup, itu jelas. Kami memang butuh sesuatu dari dewa-dewa balap dalam sepuluh lap terakhir. Terima kasih kepada Nicholas Latifi atas Safety Car-nya. Saya harus mengatakan ini kepada Stewards, bahwa mereka melakukan hal hebat dengan membiarkan balapan berlanjut," tutur Horner.

Latifi sendiri meminta maaf kepada semua pihak atas kecelakaannya. Pembalap Kanada yang akrab disapa 'Nicky' ini mengaku tak pernah punya niatan memengaruhi jalannya balap dan perebutan gelar antara Verstappen dan Hamilton. Ia mengaku kecelakaan tersebut murni kesalahannya sendiri akibat kendala grip.

2 dari 2 halaman

Nicholas Latifi Tegas Tak Berniat Pengaruhi Balapan

Pembalap Williams Racing, Nicholas Latifi (c) AP Photo

"Saya tak pernah ingin melakukannya dengan sengaja, dan saya hanya bisa meminta maaf karena telah memengaruhi dan menciptakan sebuah kesempatan. Saya melakukan kesalahan. Kami benar-benar kesulitan mencari grip pada beberapa tikungan, terutama di mana saya kecelakaan," ujar Latifi, yang kecelakaan di Tikungan 14.

"Itu tikungan yang mengecoh bagi saya sepanjang akhir pekan. Ban kotor, udara kotor, dan saya melakukan kesalahan. Saya tak memahami situasi sebelum itu terjadi. Jelas, tak pernah jadi niatan saya dengan sengaja memengaruhinya, namun saya melakukan kesalahan dan menghancurkan balapan saya sendiri," tutup Latifi.

Sementara Verstappen memenangi balapan dan merebut gelar dunia, Hamilton harus puas finis kedua dan menjadi runner up. Dengan begitu, Hamilton masih mengoleksi jumlah gelar yang setara dengan koleksi Michael Schumacher, yakni dengan tujuh gelar dunia di F1.

Sumber: Channel 4, Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR