BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Max Verstappen Dijatuhi Hukuman 10 Detik di F1 GP Jeddah, Dapat 2 Poin Penalti

06-12-2021 10:21 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo
Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo

Bola.net - FIA Stewards resmi menjatuhkan hukuman mundur 10 detik kepada Max Verstappen usai pembalap Red Bull Racing Honda itu finis kedua dalam Formula 1 GP Arab Saudi di Sirkuit Jeddah, Senin (6/12/2021) dini hari WIB. Hukuman ini didapat Verstappen atas insiden tabrakan yang terjadi antara dirinya dan Lewis Hamilton.

Banyak drama yang terjadi dalam balapan ini, dan kedua pembalap yang sedang sengit berebut gelar ini memang terlibat dalam beberapa insiden kontroversial sepanjang sesi. Namun, insiden senggolan yang terjadi di Tikungan 27 pada Lap 37 merupakan insiden yang paling disorot oleh penghuni paddock.

Verstappen dinilai punya porsi kesalahan yang lebih besar dalam insiden itu, karena 'mengerem secara tiba-tiba dan signifikan' di depan Hamilton, hingga pembalap Mercedes AMG Petronas tersebut menghantam bagian belakang mobilnya. Namun, hukuman ini tak membuat posisi finis Verstappen berubah.

Menurut laporan Crash.net, FIA Stewards menyatakan bahwa Verstappen sudah diminta oleh Red Bull Racing untuk mengembalikan posisi terdepan kepada Hamilton. Namun, uniknya kedua pembalap sama-sama tak mau memimpin balapan sebelum sampai ke garis pengaktifan DRS.

1 dari 2 halaman

Pernyataan FIA Stewards

View this post on Instagram

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

"Di Tikungan 21, pengemudi mobil 33 (Verstappen) diinstruksikan mengembalikan posisi kepada mobil 44 (Hamilton), dan telah diberitahu timnya untuk melakukannya secara strategis. Mobil 33 pun melamban dengan signifikan di Tikungan 26. Namun, sudah jelas tak satu pun dari mereka ingin memimpin sebelum garis deteksi DRS 3.

"Pengemudi mobil 33 mengaku heran mengapa mobil 44 tak segera menyalipnya, dan pengemudi mobil 44 mengaku bahwa pada saat itu dirinya tak tahu bahwa mobil 33 mencoba memberikan posisinya kembali dan tak paham alasan mengapa mobil 33 melamban.

"Dalam menghukum pengemudi mobil 33, poin kunci Stewards adalah, pengemudi mobil 33 mengerem secara tiba-tiba (69 bar) dan melakukannya secara signifikan, menghasilkan deselerasi sebesar 2,4G... Hal ini diyakini Stewards sebagai tindakan janggal dan menjadi penyebab utama tabrakan itu. Alhasil, hukuman standar 10 detik untuk tipe insiden macam ini, dijatuhkan."

2 dari 2 halaman

Bukan Satu-satunya Penalti

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo
Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

Namun, hukuman mundur 10 detik ini bukanlah satu-satunya penalti yang diterima Verstappen dalam balapan di Jeddah. Pembalap asal Belanda berdarah Belgia ini juga mendapatkan hukuman 5 detik usai sempat keluar trek di Tikungan 1 dan mengambil untung ketika berduel wheel-to-wheel dengan Hamilton.

Usai balapan, pembalap berusia 23 tahun ini juga mendapatkan 2 poin penalti pada lisensi balapnya. Total, kini ia memiliki 7 poin dari periode 12 bulan belakangan.

Dengan Hamilton dan Verstappen yang finis di posisi 1-2 dalam balapan kali ini, ditambah Hamilton mencetak lap tercepat, maka keduanya sama-sama mengoleksi 369,5 poin. Namun, Verstappen masih berada di puncak klasemen, karena jumlah kemenangannya lebih banyak dari Hamilton.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR