BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Max Verstappen Akui Sulit Kejar Lewis Hamilton Tanpa Safety Car di F1 GP Abu Dhabi

16-12-2021 09:50 | Anindhya Danartikanya

Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo
Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Juara dunia Formula 1 2021, Max Verstappen, mengakui bahwa sang rival, Lewis Hamilton telah melakukan segalanya dengan tepat demi merebut gelar musim ini di Abu Dhabi akhir pekan lalu. Hanya saja, kesempatan emasnya itu dipengaruhi oleh insiden tak terduga. Hal ini ia sampaikan via Crash.net, Selasa (14/12/2021).

Dalam balapan itu, Verstappen yang start dari pole, tersalip Hamilton di trek lurus selepas start. Pada Lap 53, Hamilton masih unggul 11,5 detik. Namun, Nicholas Latifi menghantam dinding pembatas dan mengundang Safety Car. Red Bull pun meminta Verstappen melakukan pit stop pada Lap 54 untuk mengganti ban keras ke lunak.

Pada akhir Lap 57, Hamilton dan Verstappen bersisian saat Safety Car masuk ke pit. Pada awal Lap 58, Verstappen pun menyalip dan mengambil alih pimpinan balap di Tikungan 5. Verstappen mampu mempertahankan posisi sampai finis. Dengan begitu, gelar kedelapan yang tadinya di depan mata Hamilton jatuh ke tangan Verstappen.

1 dari 2 halaman

Sisi Bahagia dan Sisi Kecewa

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo
Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

Verstappen pun sangat menyadari atmosfer yang kontras di antara kru Red Bull Racing Honda dan Mercedes AMG Petronas. "Ada satu sisi yang sangat bahagia, dan satu sisi yang kecewa. Tentu saya bersimpati untuk Lewis. Ia telah melakukan segalanya dengan tepat sepanjang balapan," ungkap pembalap asal Belanda ini.

Namun, Verstappen juga yakin hal yang sama bisa saja terjadi padanya, mengingat balapan di Abu Dhabi sangat sulit diprediksi. Menurut pembalap berusia 24 tahun ini, ia bisa jadi berada di posisi Hamilton, yang memimpin balapan sejak lap pertama, dan kalah begitu saja di lap terakhir.

Ia pun berharap Hamilton bisa menerima kekalahannya. "F1 bisa sangat tak terprediksi dan apa pun bisa terjadi. Apa pun bisa terjadi sebaliknya juga, di mana saya lah yang mengendalikan balapan dan kalah pada lap terakhir. Sayangnya, ini memang bagian dari dunia balap," ujar Verstappen.

2 dari 2 halaman

Prediksi Lewis Hamilton Balas Dendam di F1 2022

Anak eks pembalap F1, Jos Verstappen, ini uniknya juga mengakui dirinya tak punya ritme balap ideal demi menantang Hamilton andai kecelakaan Latifi tak terjadi. "Tentu saya melihat bahwa saya tak cukup mengejar. Jadi, saya berkata pada diri sendiri untuk tetap ngotot sampai akhir," ungkapnya.

"Saya tak mau menyerah. Itulah yang kami lakukan. Jelas kemudian Safety Car keluar. Kami butuh keajaiban, dan nyatanya itu terjadi. Namun, Anda masih harus mengambil untung dari itu. Anda harus menyalip, dan itulah yang kami lakukan. Tapi jelas ini memang akhir yang dramatis," lanjutnya.

Verstappen mengaku dapat ucapan selamat dari Hamilton secara pribadi, dan yakin pembalap Inggris itu akan balas dendam tahun depan. "Lewis olahragawan yang hebat. Beginilah dunia balap dan kami harus menghadapinya, entah positif atau negatif. Tapi ia akan kembali dengan sangat kuat, karena ia pembalap yang menakjubkan," tutupnya.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR