BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Max Biaggi Maklum Valentino Rossi Masih Ingin Balapan, Sarankan Awasi Rider Muda

29-09-2020 11:46 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Twitter/YamahaMotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Twitter/YamahaMotoGP

Bola.net - Dua kali juara WorldSBK sekaligus eks rider MotoGP, Max Biaggi, mengaku sangat bisa memaklumi mengapa rival bebuyutannya, Valentino Rossi, masih ingin balapan walau tak lagi muda. Dalam wawancaranya dengan GPOne, Senin (28/9/2020), Biaggi yakin oke-oke saja jika Rossi ingin lanjut.

Rossi memang diketahui telah membubuhkan tanda tangan pada kontraknya dengan Yamaha Motor Racing pada Sabtu, (26/9/2020), untuk balapan dengan Petronas Yamaha SRT pada 2021, saat ia telah menginjak usia 42 tahun. The Doctor merasa masih sangat termotivasi dan masih ingin tampil baik.

Biaggi sendiri sudah hengkang dari MotoGP pada akhir 2005, dan turun di WorldSBK pada 2007, lalu benar-benar pensiun pada akhir 2012. Namun, ia bisa memaklumi mengapa Rossi masih sangat bersemangat balapan, terutama di MotoGP yang merupakan kejuaraan balap motor terakbar di dunia.

1 dari 3 halaman

MotoGP Kejuaraan Terbaik di Dunia

Max Biaggi (c) Aprilia Racing Max Biaggi (c) Aprilia Racing

"MotoGP adalah kejuaraan terbaik di dunia, dan saya cukup bisa memahami alasan-alasan Vale memutuskan untuk tetap balapan," ungkap The Roman Emperor, yang juga empat kali juara dunia GP250 dan merupakan duta Aprilia Racing ini.

Meski merasa tak punya saran penting untuk Rossi, Biaggi yakin sembilan kali juara dunia itu harus mengawasi gerak-gerik rider muda, yang menurutnya kini jauh lebih agresif, apalagi ketika punya kans menyalip Rossi, yang juga idola dari kebanyakan dari mereka.

Rasa bangga menyalip Rossi bahkan diakui sendiri oleh Fabio Quartararo, Joan Mir, Alex Rins, dan bahkan anak-anak didik Rossi sendiri, seperti Franco Morbidelli dan Pecco Bagnaia. Atas alasan ini, Biaggi yakin Rossi harus lebih hati-hati.

2 dari 3 halaman

Bisa Jadi Target Pembalap Muda

"Saya merasa tak punya kapasitas memberi saran, tapi saya juga bisa memahami pikiran rider lain: jika Anda seorang juara, Anda jadi 'target' rider lain. Para rider muda berhasrat mengerem lebih lambat demi bisa bilang mereka pernah menyalip seorang Rossi," ujar Biaggi.

Seperti Rossi dengan Sky Racing VR46, kini Biaggi juga memiliki tim balap sendiri di Moto3, yakni Sterilgarda Max Racing Team. Tim Biaggi menaungi Romano Fenati, salah satu eks rider VR46 Riders Academy yang dibesut Rossi, dan baru saja menang di Seri Emilia Romagna.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR