BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Maverick Vinales: Valentino Rossi Punya Pengaruh Besar di Yamaha

01-07-2020 17:20 | Anindhya Danartikanya

Maverick Vinales dan Valentino Rossi (c) Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, sekali lagi menegaskan bahwa Valentino Rossi punya peran yang sangat besar di MotoGP, terutama di Yamaha. Dalam wawancaranya dengan Cycle World, Selasa (30/6/2020), Vinales pun mengaku banyak belajar dari The Doctor.

Vinales setim dengan Rossi sejak 2017, usai meninggalkan Suzuki untuk menjadi pengganti Jorge Lorenzo. Sempat sukses meraih tiga kemenangan dalam lima balapan pertama, Vinales mengalami penurunan rasa percaya diri setelah YZR-M1 justru mengalami keterpurukan performa.

Vinales tak pernah menyerah, dan akhirnya dipercaya jadi pemimpin tim mulai musim depan. Tempat Rossi pun akan diambil alih oleh Fabio Quartararo. Meski begitu, Vinales ingin Rossi bertahan setidaknya setahun lagi, karena ia merasa The Doctor masih sangat relevan dalam pengembangan M1.

1 dari 3 halaman

Berkendara dengan Idola Sendiri

"Vale memiliki pengaruh besar dalam olahraga kami dan juga dalam organisasi Yamaha. Saya rasa kami bekerja sama dengan baik dan kami saling belajar banyak. Saya bekerja dengan baik, dan akhirnya dapat kepercayaan dan tempat di tim berkat hasil saya di trek," ujar Vinales.

Vinales meyakini dirinya merupakan rider dengan kemampuan yang tak kalah hebat dengan rider lain. Namun, memiliki Rossi, yang ia idolakan sejak masih anak-anak, sebagai tandem merupakan dorongan tambahan baginya untuk tampil lebih cepat lagi.

"Saat saya bergabung dengan Yamaha, saya mampu langsung cepat sejak awal dan ini sangat membantu saya. Tapi Vale telah menjadi idola saya sejak saya masih anak-anak, dan bagi saya sebuah motivasi ekstra bisa berkendara dengannya," lanjut juara dunia Moto3 2013 ini.

2 dari 3 halaman

Belajar Selalu Bersikap Positif

Menjadi tandem Rossi juga diakui Vinales membuatnya belajar banyak hal. Tak hanya soal teknik berkendara dan strategi balapan, melainkan juga dalam membentuk karakter yang positif. Ia pun mengaku salut Rossi tetap ceria ketika mereka dihadapkan situasi sulit pada 2018.

"Musim 2018 adalah musim yang sangat berat bagi kami semua. Saya pun banyak belajar dari sekadar memperhatikan Vale, terutama soal kemampuannya untuk tetap berpikir positif, selalu tersenyum lebar bahkan saat situasinya buruk," pungkasnya.

Vinales, Rossi, dan para rider lainnya akan kembali berjumpa di lintasan pada seri perdana MotoGP 2020 yang akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang akan didahului oleh sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR