BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Maverick Vinales Tanggapi Rumor Kembali ke Suzuki Ecstar

20-09-2019 15:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - Buruknya performa YZR-M1 selama tiga musim terakhir membuat Yamaha harus waspada soal kemungkinan kehilangan Maverick Vinales pada akhir 2020. Belakangan ini, rider Spanyol berusia 24 tahun tersebut mulai digosipkan berpeluang kembali ke Suzuki Ecstar, tim yang pernah ia bela di MotoGP 2015-2016.

Dengan Suzuki, Top Gun meraih empat podium dan satu kemenangan, namun memutuskan pindah ke Yamaha Factory Racing sebagai pengganti Jorge Lorenzo pada 2017. Usai meraih tiga kemenangan dalam lima seri pertama, Vinales malah harus mendapati kenyataan bahwa performa M1 terjun bebas.

Kontrak Vinales dengan Yamaha akan habis pada akhir 2020 mendatang, dan jika pabrikan Garpu Tala tak segera menuruti kemauannya untuk memperbaiki M1, ia bisa saja pergi ke tim lain. Meski begitu, Vinales mengaku belum memikirkan peluang untuk pindah ke pabrikan lain pada 2021 mendatang.

1 dari 2 halaman

Masih Berharap pada Yamaha

"Masih jauh. Target saya berkendara sebaik mungkin, dan saat ini saya membela Yamaha. Saya harus memaksimalkan motor, menjadi rider terbaik di pabrikan ini, tetap bekerja keras, dan mempersiapkan motor musim depan. Sulit memikirkan masa depan, karena saya harus fokus pada masa sekarang," ujarnya via Motorsport.com.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa hasil balap akan menjadi penentu tawaran yang ia dapatkan nanti. "Saya berharap bisa mendapatkan apa yang saya inginkan bersama Yamaha. Jika saya memang tampil baik, saya akan dapat tawaran dari lebih banyak pabrikan, bukan hanya Suzuki. Jadi saya harus fokus," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Tak Terbebani Performa Quartararo

Juara dunia Moto3 2013 ini juga menegaskan bahwa dirinya sama sekali tak tertekan oleh performa garang debutan Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, musim ini. Apalagi rider Prancis itu sudah mulai diisukan akan mendapatkan tempat di Monster Energy Yamaha pada 2021 mendatang.

"Ia punya motor yang sama dengan saya, perbedaannya kecil. Ia memahami motor kami dengan baik, ia tahu cara memaksimalkannya, dan ini membuat rider Yamaha lain lebih cepat pula. Kesalahan sekecil apa pun membuat mereka makin dekat. Target saya adalah naik podium, tak peduli apa yang bakal dilakukan Yamaha," tutup Vinales.

Saat ini, Vinales tengah duduk di peringkat kelima pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 134 poin, hanya unggul lima poin atas Valentino Rossi di peringkat keenam. Ia juga rider Yamaha dengan podium terbanyak musim ini (5) dan satu-satunya yang mampu meraih kemenangan, yakni di Assen, Belanda.

Sumber: Motorsport.com

KOMENTAR