Maverick Vinales Resmi Pindah ke Aprilia di MotoGP 2022

Anindhya Danartikanya | 16 Agustus 2021, 16:57
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - Aprilia Racing akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa Maverick Vinales akan membela tim pabrikan mereka di MotoGP pada 2022 mendatang. Hal ini mereka umumkan pada Senin (16/8/2021), hanya sehari usai MotoGP Austria, di mana Vinales diskors oleh Monster Energy Yamaha.P


ada akhir Juni lalu, Vinales dan Yamaha memutuskan berpisah akhir musim nanti, setahun lebih awal dari durasi kontrak yang sudah mereka sepakati pada awal 2020. Keputusan ini diambil usai Vinales meraih hasil angin-anginan dan tak merasa cocok dengan karakter motor YZR-M1, yang sudah ia kendarai sejak 2017.

Hubungan Vinales dan Yamaha memburuk usai Yamaha menyebut Vinales melakukan 'aksi tak lazim' di MotoGP Styria, Minggu (8/8/2021), yang dinilai berpotensi merusak mesin M1, serta membahayakan nyawanya sendiri dan para rival. Akibatnya, Yamaha menjatuhkan skors dan partisipasi Vinales dari Seri Austria, 13-15 Agustus, ditarik.

1 dari 2 halaman

Kontrak Berdurasi Setahun

View this post on Instagram

A post shared by Aprilia (@aprilia)

Sejak diumumkan bakal berpisah dengan Yamaha, nama Vinales terus dikait-kaitkan dengan Aprilia, yang sedang mencari tandem tangguh untuk Aleix Espargaro pada 2022. Saat ini Espargaro ditandemkan dengan Lorenzo Savadori, dan Aprilia juga sempat tertarik menggaet Andrea Dovizioso, yang kini menjadi test rider mereka.

Dalam pernyataan resminya, Aprilia pun mensinyalir bahwa Vinales hanya menandatangani kontrak berdurasi satu tahun. Juara dunia Moto3 2013 ini dipastikan akan menggantikan posisi Savadori, namun belum ada keterangan resmi dari Aprilia mengenai nasib Dovizioso. Berikut pernyataan resmi CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Massimo Rivola

"Kami sangat senang bisa mengumumkan bahwa kami telah menggaet Maverick Vinales, rider berlevel yang sangat tinggi dan salah satu talenta paling murni di kategori premier. Proyek kami diperkaya oleh nilai yang dibawa Maverick, seorang juara dunia yang telah mengonfirmasi talentanya sebagai rider papan atas MotoGP.

"Ini adalah masa perubahan besar bagi kami, usai kami membawa motor yang benar-benar baru ke trek dan konsisten membuktikan diri di dalam kelompok protagonis, di mana kami juga tengah menghadapi perubahan status sebagai tim pabrikan, demi membawa Aprilia kepada kesuksesan.

"Kami merasa terhormat bisa mempersembahkan kemampuan terbaik kami kepada Vinales, bersama dengan antusiasme dan renjana kami. Saya percaya, seperti Aleix, Maverick akan menyatu dengan proyek yang berpotensi sangat tinggi ini. Kedatangan Maverick takkan memberi jarak pada Lorenzo Savadori, mengingat ia tetap akan jadi bagian penting dari keluarga Aprilia Racing."

Sumber: Aprilia Racing

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR