BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Maverick Vinales Resmi Gantikan Lorenzo Savadori di Aprilia Sejak MotoGP Aragon

01-09-2021 19:43 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Bola.net - Aprilia Racing secara resmi mengumumkan bahwa Maverick Vinales akan membela Aprilia Racing Team Gresini mulai MotoGP Aragon, Spanyol, pada 10-12 September. Ia mengambil alih posisi Lorenzo Savadori, yang kini juga resmi dikembalikan kepada perannya sebagai test rider.

Hal ini diumumkan Aprilia pada Rabu (1/9/2021), bertepatan dengan hari kedua Vinales menjalani uji coba di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia. Vinales sendiri sudah berpisah dengan Yamaha efektif sejak 20 Agustus lalu, dan telah diizinkan untuk membela Aprilia pada sisa musim ini.

Tadinya, Vinales sempat dirumorkan akan turun balapan dengan Aprilia pada sisa musim menggunakan fasilitas wildcard. Seperti yang diketahui, sebagai pabrikan berkonsesi, Aprilia memiliki jatah enam wildcard. Sejauh ini, seluruh jatah tersebut sama sekali belum dipakai oleh Aprilia.

1 dari 2 halaman

Lorenzo Savadori Akan Turun Balapan Sebagai Wildcard

Test rider Aprilia Racing, Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing
Test rider Aprilia Racing, Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing

Aprilia pun menyatakan jatah wildcard tersebut akan diserahkan kepada Savadori, yang juga akan menjadi test rider mereka pada 2022. Namun, Savadori hanya akan diturunkan jika sudah benar-benar pulih dari cedera engkel kanannya yang retak akibat kecelakaan di Seri Styria.

Vinales sudah menjalani debut di atas motor RS-GP dalam hari pertama uji coba Misano pada Selasa (31/8/2021). Pembalap asal Spanyol berusia 26 tahun ini menjalani sekitar 60 lap dan mencetak rata-rata waktu 1 menit 33 detik.

Di Aragon nanti, Vinales akan bertandem dengan Aleix Espargaro. Keduanya sudah pernah menjadi rekan setim, yakni saat masih membela Suzuki Ecstar pada 2015 dan 2016 lalu. Berikut pernyataan resmi CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Massimo Rivola

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) MotoGP.com
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) MotoGP.com

"Kami sangat bangga bisa mengumumkan rencana-rencana kami untuk musim ini dan 2022 dengan target mengoptimalkan kontribusi ketiga rider kami. Bersama pembalap kami yang sudah terkonfirmasi, Aleix, sebuah kehormatan bagi kami bisa menyambut atlet bertalenta seperti Maverick ke Aprilia Racing. Maverick langsung membuktikan sensasi hebat dengan tim dan motor kami, dan saya percaya ia bisa memberikan yang terbaik sesegera mungkin di GP Aragon.

"Pada saat yang sama, kami juga mengonfirmasi peran Lorenzo sebagai test rider pada 2022. Ini adalah posisi fundamental yang memberikan imbalan besar, seperti yang ia tunjukkan dalam mengembangkan RS-GP terbaru. Ia akan mengakhiri musim 2021 dengan memanfaatkan fasilitas wildcard yang akan kami putuskan bersama sekalinya ia kembali bugar 100%."

Sumber: Aprilia Racing

KOMENTAR