'Maverick Vinales Juga Bakal Garang Jika Bela Honda'

Anindhya Danartikanya | 23 Desember 2019, 13:15
Maverick Vinales dan Marc Marquez (c) Yamaha
Maverick Vinales dan Marc Marquez (c) Yamaha

Bola.net - Crew chief Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha, Esteban Garcia, meyakini pebalapnya tersebut juga bisa tampil garang seperti Marc Marquez andai mengendarai motor Honda di MotoGP. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Motorsport.com.


Meski menjadi pebalap Yamaha dengan kemenangan terbanyak dalam tiga musim terakhir, Vinales uniknya malah memiliki gaya balap agresif, yakni gaya balap yang sejatinya malah tak cocok untuk YZR-M1. Agresi justru lebih identik dengan gaya balap yang dibutuhkan Honda.

Garcia juga memiliki opini berlawanan dari mayoritas penghuni paddock MotoGP, yang menyatakan bahwa Honda merupakan motor yang buruk, namun keburukannya hanya tertutupi oleh talenta luar biasa yang dimiliki Marquez. Garcia justru yakin motor itu sangat berpotensi.

1 dari 2 halaman

Dirakit untuk 'Hancurkan' Ritme Balap Rival

"Maverick bisa tampil baik di atas Honda. Motor itu tak buruk, punya banyak kekuatan. Bagaimana bisa Anda menyebut motor itu 'buruk' padahal mereka meraih lebih dari 300 poin dan juga menang di Thailand?" ujar Garcia, merujuk pada pertarungan Marquez vs Fabio Quartararo.

Garcia justru yakin motor RC213V memang dirakit sedemikian rupa untuk mampu mengejar para rival yang memiliki ritme balap yang baik, seperti Quartararo di Misano dan Thailand, serta Vinales di Australia.

"Motor itu dirakit untuk 'menghancurkan' balapan para rider seperti Fabio, yang juga layak dapat banyak kesuksesan," ungkap pria Spanyol yang juga membantu Vinales merebut gelar dunia Moto3 2013 ini.

2 dari 2 halaman

Kekuatan yang Tak Dimiliki Yamaha

"Hal serupa terjadi pada Maverick di Australia, saat ia punya ritme balap yang jauh lebih baik. Tapi Honda telah merakit motor yang menyediakan 'senjata' bagi Marc untuk tetap memperebutkan kemenangan bahkan di trek yang tak cocok dengan mereka," ungkapnya.

"Itulah yang tak dimiliki Yamaha: saat kami turun di trek yang tak bersahabat, kami tak punya senjata untuk bertahan. Padahal kami bahkan sudah sulit menang di trek yang tak cocok dengan kami. Ini penting, apalagi Marc dan Honda kini hanya menang dan finis kedua," tutup Garcia.

Vinales, Marquez, Quartararo, dan para rider MotoGP lainnya akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari mendatang.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR