BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Maverick Vinales dan Aprilia: Awal yang Positif Meski Tak Sempurna

24-09-2021 12:49 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Bola.net - Maverick Vinales mengakui dua balapan pertamanya bersama Aprilia Racing Team Gresini di MotoGP 2021 memang tak sempurna. Namun, dirinya dan kru terus menemukan sisi positif dan kemajuan bertahap di setiap sesi yang mereka lakoni. Hal ini dinyatakan Vinales kepada Autosport, Kamis (23/9/2021), usai balapan di Misano.

Vinales mulai bergabung dengan Aprilia sejak Seri Aragon usai memilih berpisah secara mendadak dari Yamaha, dan kemudian kembali berlaga di Misano. Dalam balapan di Aragon, Top Gun start dari posisi 19 dan finis di posisi 18, sementara di Misano, ia start ke-10 dan finis ke-13. Meski begitu, Vinales tak fokus pada posisi finisnya.

Mengingat dirinya menjadikan sisa musim ini hanya sebagai masa mempelajari Aprilia usai 4,5 tahun membela Yamaha, Vinales memilih fokus pada catatan waktu dan margin dari pemenang. Dalam MotoGP Aragon, ia finis 27,128 detik dari Pecco Bagnaia, sementara di Misano ia berhasil memangkas margin menjadi 21,258 detik.

1 dari 2 halaman

Aprilia Bikin Keluar dari Zona Nyaman

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Melihat hasil ini, Vinales pun merasa puas atas proses awal adaptasinya dengan Aprilia. "Saya puas. Ini tantangan baru, jadi tentu tantangannya berbeda. Ini jelas membuat saya keluar dari zona nyaman, karena motornya benar-benar berbeda," ungkap pembalap yang juga juara dunia Moto3 2013 ini.

"Motor ini lebih sulit dikendarai dan sulit untuk di ajak bertahan di posisi yang lebih baik. Namun, kami mulai bekerja dengan ketertinggalan 27 detik dari pemenang di Aragon, dan kini kami tertinggal 21 detik. Kami mengalami kemajuan bertahap dan ini paling penting," lanjut pembalap Spanyol tersebut.

Vinales juga mengaku memetik begitu banyak pelajaran penting bersama RS-GP selama pekan balap di Misano. Ia tak malu-malu mengakui belum sepenuhnya nyaman mengendarai motor tersebut hingga mengalami berbagai masalah. Namun, ia menemukan hal positif dari motor itu, yakni grip bannya yang baik.

2 dari 2 halaman

Grip dan Ritme Balap Baik

"Jujur saja, kami banyak belajar. Jelas kami harus tetap bekerja keras, karena juga jelas saya belum terlalu nyaman di atas motor ini, terutama pada kualifikasi. Selain itu, saat tangkinya penuh, saya mengalami beberapa masalah dalam balapan. Namun, poin positif dari motor ini adalah bannya punya grip yang baik," tuturnya.

"Maksud saya, konsistensinya bagus dan ini sangat penting. Selain itu, ritmenya juga baik. Saya cukup senang. Memang tak sempurna, tapi cukup baik. Jadi, kami akan tetap bekerja. Saya coba berkendara dengan posisi berbeda di tiap lap demi melihat reaksi motor. Saya ingin paham arah yang baik untuk melaju lebih cepat," tutupnya.

Saat ini, Vinales tengah duduk di peringkat kedelapan pada klasemen pembalap dengan koleksi 98 poin, tertinggal enam poin dari sang tandem, Aleix Espargaro, di peringkat ketujuh. Balapan berikutnya adalam MotoGP Austin, yang digelar di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Amerika Serikat, pada 1-3 Oktober mendatang.

Sumber: Autosport

KOMENTAR