BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Maverick Vinales Berduka atas Kepergian Sepupu: Momen Berat bagi Keluarga Kami

27-09-2021 08:48 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini MotoGP, Maverick Vinales, buka suara soal meninggalnya sang sepupu, Dean Berta Vinales, yang terlibat kecelakaan hebat dalam balapan pertama (Race 1) WorldSSP 300 Spanyol di Sirkuit Jerez pada Sabtu (25/9/2021) lalu.

Dean Berta merupakan sepupu dari Maverick, begitu juga dari pembalap Orelac Racing VerdNatura WorldSBK, Isaac Vinales. Dean Berta baru menjalani debutnya di WorldSSP 300 tahun ini, membela tim yang dibentuk oleh ayah Maverick, Angel Vinales, yakni Vinales Racing Team.

Dean Berta diketahui mengalami kecelakaan di Tikungan 2 pada Lap 11, yang juga melibatkan Alejandro Carrion, Daniel Mogeda, Harry Khouri, dan Victor Rodriguez. Ia pun segera ditransfer ke Rumah Sakit yang ada di Sevilla dengan menggunakan helikopter.

1 dari 2 halaman

Sudah Dapat Pertolongan Terbaik

Atas alasan inilah, Race 1 WorldSBK yang tadinya dijadwalkan digelar pada pukul 19.00 WIB sempat dinyatakan ditunda. Namun, pada pukul 18.45 WIB, WorldSBK mengumumkan bahwa seluruh aktivitas paddock dan seluruh sesi di lintasan pada Sabtu dibatalkan.

WorldSBK.com pun menyatakan bahwa Dean Berta mengalami cedera yang sangat parah pada area kepala dan dada. Meski sudah mendapatkan pertolongan terbaik dari staf medis, Medical Center mengumumkan bahwa nyawa Dean Berta tak terselamatkan. Ia meninggal dalam usia 15 tahun.

Maverick sendiri segera pergi ke Jerez untuk mengikuti prosesi mengheningkan cipta yang digelar pada Minggu, sesaat sebelum balapan WorldSSP digelar. Pembalap berusia 26 tahun ini pun tampak emosional dan menitikkan air mata saat berdiri di belakang motor R3 milik Dean Berta bersama anggota keluarga dan timnya.

2 dari 2 halaman

Dapat Dukungan dari Banyak Orang

Lewat Instagram, Maverick pun sekali lagi memberikan tribut untuk sang sepupu. Juara dunia Moto3 2013 ini mengaku sulit berkata-kata untuk menggambarkan kesedihannya, dan menyebut momen ini sebagai momen yang sangat berat bagi keluarganya.

"Tak ada kata-kata untuk momen ini. Ini adalah tamparan berat bagi keluarga kami. Aku akan selalu mengingat semua momen yang kita habiskan bersama untuk apa pun. Kau adalah kesayangan kami dan kau akan selalu bersama kami. Aku mengirimkan ciuman besar untukmu, di mana pun kau berada," tulis Maverick.

Kolom komentar Maverick pun segera dipenuhi oleh pesan dukungan dari para rivalnya dan banyak tokoh balap dunia, seperti Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Lorenzo Savadori, Dani Pedrosa, Iker Lecuona, Scott Redding, Michael van der Mark, Loris Baz, Raul Fernandez, Kiara Fontanesi, dan Nani Roma.

Sumber: WorldSBK, Instagram/Maverick12Official

KOMENTAR