BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Maverick Vinales Akhirnya Pamer Motor Aprilia, Siap Uji Coba di Misano

31-08-2021 09:33 | Anindhya Danartikanya

Maverick Vinales menjajal motor Aprilia RS-GP di Misano (c) Instagram/Maverick Vinales
Maverick Vinales menjajal motor Aprilia RS-GP di Misano (c) Instagram/Maverick Vinales

Bola.net - Maverick Vinales akhirnya muncul ke publik lewat media sosial dan memamerkan motor MotoGP Aprilia RS-GP miliknya pada Senin (30/8/2021). Lewat Instagram, ia pun memberitahu para penggemarnya bahwa ia sudah tiba di Italia dan siap menjalani uji coba di Sirkuit Misano.

Vinales dipastikan mengantongi kontrak setahun dengan Aprilia Racing untuk 2022. Namun, ia dan Yamaha secara mencengangkan memutuskan berpisah efektif sejak 20 Agustus lalu akibat insiden kontroversial di Seri Styria, membuat nasib Top Gun terkatung-katung pada sisa 2021.

Meski begitu, Yamaha membebaskannya membela tim lain pada sisa musim ini, hingga ia juga diizinkan membela Aprilia lebih awal. Namun, Vinales diketahui tak hadir dalam MotoGP Silverstone, Inggris, akhir pekan lalu, diminta fokus mempersiapkan diri untuk uji coba lebih dulu di atas RS-GP.

1 dari 2 halaman

Siap Tampil Ngotot

Vinales pun dijadwalkan menjalani uji coba itu di Misano pada 31 Agustus-1 September. Meski belum ada pernyataan resmi, CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, menyatakan sangat ingin Vinales segera balapan musim ini demi membantu pengembangan motor.

"Lebih dari sekadar siap untuk tampil ngotot! Semuanya sudah siap untuk besok! @aprilia," tulis Vinales lewat Instagram Reels, di mana ia memamerkan motor RS-GP dengan nomor #12, yakni nomor balapnya, di pitlane Sirkuit Misano.

Vinales diperkirakan turun dalam MotoGP Aragon pada 10-12 September. Namun, ia takkan langsung mengambil alih posisi Lorenzo Savadori di Aprilia Racing Team Gresini, melainkan akan turun dengan fasilitas wildcard, yang sejauh ini belum dimanfaatkan sama sekali oleh Aprilia.

2 dari 2 halaman

Berpotensi Turun Balapan Sampai Akhir Musim

Maverick Vinales menjajal motor Aprilia RS-GP di Misano (c) Instagram/Maverick Vinales
Maverick Vinales menjajal motor Aprilia RS-GP di Misano (c) Instagram/Maverick Vinales

Sebagai pabrikan berkonsesi, Aprilia memiliki jatah enam wildcard yang bisa dipakai dalam semusim (pabrikan non-konsesi memiliki tiga jatah). Dengan begitu, Vinales bisa jadi diturunkan dengan memanfaatkan seluruh jatah tersebut, hingga ia bisa tetap balapan sampai akhir musim.

Manajer Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano, dalam pernyataan resminya pada Kamis (26/8/2021), menyatakan bahwa pihaknya sangat penasaran pada kesan Vinales ketika sudah menjajal RS-GP. Meski begitu, pria Italia ini yakin rider Spanyol itu akan butuh waktu untuk adaptasi.

"Sudah jelas pendekatan pertama akan melibatkan fase adaptasi yang sangat praktis, soal ergonomi dan setup, yang kami pahami berbeda pada tiap rider. Namun, saya yakin talenta dan kecepatan Maverick akan segera tampak dan saya tak sabar untuk bekerja sama dengannya," ujarnya.

Sumber: Instagram/Maverick12Official, Aprilia Racing

KOMENTAR