BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Masuk Tahun Ketiga di MotoGP, Miguel Oliveira Malah Baru Ujian SIM Motor

22-01-2021 11:07 | Anindhya Danartikanya

Miguel Oliveira (c) Twitter/Tech 3 Racing Miguel Oliveira (c) Twitter/Tech 3 Racing

Bola.net - Tak pelak lagi bahwa MotoGP 2021 akan jadi tahun yang penting bagi Miguel Oliveira. Bagaimana tidak? Ia akan membela Red Bull KTM Factory Racing, menggantikan Pol Espargaro. Namun, ternyata ada hal yang tak kalah penting baginya, yakni menjalani ujian SIM motor, yang biasa disebut ujian SIM C di Indonesia.

Musim ini akan jadi musim ketiga Oliveira di kelas para raja. Sebelumnya, runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018 ini membela Red Bull KTM Tech 3. Namun, setelah Espargaro memutuskan hengkang ke Repsol Honda, rider yang memenangi Seri Styria dan Portimao tahun lalu ini tentu jadi pengganti yang paling logis.

Di sela-sela persiapan menjelang debutnya di tim pabrikan KTM, rider berusia 26 tahun ini menyempatkan diri untuk ikut ujian SIM motor di Lisbon, Portugal. Bagi penggemar, rasanya sedikit aneh melihat seorang rider MotoGP tak punya SIM motor untuk berkendara di jalanan, namun Oliveira bukanlah yang pertama.

1 dari 3 halaman

Bukan Rider MotoGP Pertama yang Telat Dapat SIM Motor

Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose

Tak sedikit pembalap Grand Prix yang memang ogah-ogahan naik motor di jalanan, alhasil mereka juga meyakini bahwa kepemilikan SIM motor bukanlah kebutuhan primer bagi mereka. Lagipula, mereka juga lebih sering mengendarai mobil untuk berpergian.

Salah satu rider MotoGP yang tak punya SIM motor sampai sekarang adalah rider Ducati Team, Jack Miller. Dalam acara pre-event Seri Australia pada 2019 lalu, ia diminta naik motor bersama Fabio Quartararo di jalanan Victoria, namun harus dikawal polisi karena ia tak punya SIM.

Oliveira sendiri akhirnya memutuskan untuk mendapatkan SIM-nya sendiri, dan pada Kamis (21/1/2021), ia mengaku lulus ujian. "Hanya ingin memberitahu kalian bahwa aku baru pergi ke sekolah berkendara untuk ikut ujian, dan aku lulus," tulisnya lewat Instagram.

2 dari 3 halaman

Akui Beberapa Pertanyaan Sulit Dijawab

Kepada Corsedimoto, Oliveira mengaku kesulitan ikut ujian tersebut karena menurutnya pertanyaan-pertanyaannya sulit dijawab. Rider yang juga dokter gigi ini bingung melihat banyaknya perbedaan aturan antara berkendara di jalanan dan berkendara di sirkuit.

"Itu bagian tersulitnya, tak semuanya sangat intuitif. Sungguh berbeda dari berkendara di sirkuit. Pertanyaan-pertanyaannya bukan soal mempelajari semua hal dari nol, namun beberapa pertanyaannya memang tidak jelas, dan bisa dijawab hanya lewat belajar," ungkapnya.

Oliveira yang musim ini akan kembali bertandem dengan Brad Binder, akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret mendatang.

Sumber: Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Highlights Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020

KOMENTAR