BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Massimo Rivola: VR46 Jadi Tim Satelit Aprilia? Itu Sih Masih Obrolan Ringan

11-04-2021 12:45 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Twitter/Sky Racing VR46 Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Twitter/Sky Racing VR46

Bola.net - CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, tak memungkiri bahwa pihaknya menjadikan Gresini Racing sebagai prioritas utama untuk dijadikan tim satelit mereka di MotoGP 2022. Meski begitu, ia juga mengakui sudah sempat bicara dengan Sky Racing VR46, yakni tim balap Valentino Rossi.

Sejak kembali ke MotoGP pada 2015 lalu, Aprilia memang melebur dengan Gresini Racing, mengingat struktur departemen balap mereka kala itu belum terlalu besar seperti pabrikan MotoGP lainnya. Walau beroperasi layaknya tim pabrikan, mereka tercatat sebagai 'tim independen' di bawah aturan FIM.

Meski begitu, pada Desember 2020, mendiang Fausto Gresini selaku pemilik Gresini Racing telah menyatakan skuadnya akan berpisah dari struktur tim pabrikan Aprilia. Kini Gresini Racing diketahui sedang bernegosiasi dengan Ducati dan Suzuki, namun juga tak menutup kans jadi tim satelit Aprilia pada 2022.

1 dari 3 halaman

Bakal Membanggakan, Tapi...

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Selain Gresini, Aprilia juga punya kans untuk bekerja dengan Sky Racing VR46, yang juga sedang menimbang-nimbang pabrikan mana yang cocok bagi mereka bernaung pada 2022. Saat ini, tim ini sedang melebur dengan Esponsorama Racing sebagai tim satelit Ducati Corse.

Rivola pun tak memungkiri pembicaraan sudah sempat terjadi. "Kami bicara dengan VR46, tapi tidak baru-baru ini. Sudah jelas mendapati nama Valentino bersanding dengan nama Aprilia bakal menyenangkan, namun ini baru omongan ringan. Opsi utama saya tetap lanjut dengan Gresini," ujarnya via GPOne, Jumat (2/4/2021) lalu.

Seperti diketahui, Aprilia memang pernah menaungi Rossi di GP125 dan GP250, meraih gelar dunia bersama pada 1997 dan 1999. Anak didik Rossi di VR46 Riders Academy, Marco Bezzecchi, juga mereka incar akhir tahun lalu. Namun, Rivola menyatakan Gresini masih jadi opsi utama demi kelancaran kerja sama.

2 dari 3 halaman

Tak Mau Tekan Keluarga Fausto Gresini

"Bakal sangat menyenangkan bisa memiliki tim satelit dan juga lanjut bekerja dengan orang-orang Gresini atas berbagai alasan. Salah satu penyesalan terbesar saya adalah tak bisa melaju cukup cepat untuk menunjukkan kekuatan kami usai bertahun-tahun kepada Fausto. Saya yakin ia bakal suka jalannya musim ini," tutur Rivola.

"Jujur saja, waktu untuk mengambil keputusan menipis. Tapi saya tak mau menekan keluarga Fausto usai apa yang terjadi. Ini situasi yang sulit, jadi saya ingin menghormati keluarganya dan coba menemukan kompromi. Saya harap kami bisa tetap bekerja sama, meski saya tahu mereka juga bicara dengan Suzuki dan Ducati," pungkasnya.

Saat ini, Aprilia Racing Team Gresini tengah menaungi Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori. Pada 12-14 April nanti, mereka akan menggelar uji coba bersama Andrea Dovizioso di Sirkuit Jerez, Spanyol. Gosip yang beredar menyatakan Dovizioso bisa menggantikan Savadori pada pertengahan musim nanti.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR