Masih Isolasi, Iker Lecuona Digantikan Mika Kallio di MotoGP Portugal

Anindhya Danartikanya | 17 November 2020, 16:55
Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) Tech 3
Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) Tech 3

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona, resmi dipastikan absen untuk ketiga kalinya musim ini, yakni di MotoGP Portugal yang bakal digelar di Sirkuit Algarve, Portimao, pada 20-22 akibat positif terinfeksi Covid-19 sejak Sabtu (14/11/2020) lalu. Hal ini diumumkan via rilis resmi tim pada Selasa (17/11/2020).


Lecuona pertama kali absen di MotoGP Eropa, usai sang kakak sekaligus asisten pribadinya positif Covid-19. Kala itu, ia negatif Covid-19, namun harus tetap menjalani isolasi mandiri di Andorra sesuai aturan pemerintah setempat. Lecuona pun menjalani tiga tes PCR tambahan selama isolasi, dan semuanya negatif.

Hasil tes ini pun membuatnya dapat lampu hijau untuk turun di MotoGP Valencia, dan ia pun berangkat dari Andorra pada Sabtu (14/11/2020) pagi. Sebelum masuk ke paddock Sirkuit Ricardo Tormo, ia menjalani tes PCR lagi. Sayangnya, hasilnya positif dan ia harus absen dari pekan balap tersebut dan kembali menjalani isolasi mandiri.

1 dari 3 halaman

Sudah Jarang Kendarai RC16

Mika Kallio (c) AFP

Akibatnya, Lecuona pun harus absen juga dari MotoGP Portugal, dan tak bisa berbarengan dengan rider lain mencicipi rasanya berkendara di atas motor MotoGP di Portimao. Tech 3 pun mengumumkan test rider KTM sekaligus eks rider GP125, GP250, Moto2, dan MotoGP, Mika Kallio sebagai penggantinya.

Kallio diketahui sebagai test rider KTM sejak 2016, dan merupakan test rider utama pabrikan asal Austria tersebut sebelum Dani Pedrosa datang pada akhir 2018. Sejak Pedrosa jadi test rider utama, Kallio sendiri jadi jarang mengendarai RC16. Namun, ia sangat bersemangat menjalani pekan balap kali ini.

"Ini bukan situasi mudah bagi Tech 3, dan saya turut prihatin untuk Iker yang harus absen lagi. Jadi, saya akan mengendarai motornya. Ini takkan mudah karena saya tak terlalu sering naik motor tersebut tahun ini. Tapi jelas akan menarik melihat kecepatan saya dan melihat cara saya mempelajari trek baru ini dan hal lainnya," ujar Kallio.

2 dari 3 halaman

Tech 3 Sambut Hangat Kedatangan Mika Kallio

Manajer Tim Tech 3, Herve Poncharal, mengaku kecewa Lecuona harus absen lagi. Namun, ia memberikan sambutan hangat kepada Kallio ke dalam timnya. "Mika akan balapan dengan kami akhir pekan ini, dan kami merasa terhormat," ungkap pria asal Prancis ini.

"Kami sudah mengikuti karier Mika bertahun-tahun. Ia punya hubungan kuat dengan proyek MotoGP KTM, proyek ini bagaikan anaknya sendiri. Kami tak sabar bekerja dengannya. Tapi saya tak mau memberinya beban, saya minta ia menikmati waktu dan bersenang-senang!" tutup Poncharal.

Saat ini, Lecuona tengah berada di peringkat 19 pada klasemen pembalap dengan koleksi 27 poin, tertinggal 60 poin dari debutan lainnya, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), yang ada di peringkat 11.

Sumber: Red Bull KTM Tech 3

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR