BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Marquez Seperti Nadal, Entah di Mana Puncak Performanya'

17-10-2019 14:35 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Crew chief Marc Marquez di Repsol Honda, Santi Hernandez, menyebut pebalapnya punya kemiripan yang mencolok dengan petenis Spanyol, Rafael Nadal. Hal ini dinyatakan Hernandez dalam wawancaranya dengan AS Motor, usai Marquez mengunci gelar dunianya yang kedelapan di MotoGP Thailand.

Hernandez, yang bekerja dengan Marquez sejak Moto2 2011, mengaku sama sekali tak pernah berhenti dibuat takjub oleh rider asal Cervera, Spanyol tersebut. Musim ini, bahkan prestasinya makin mentereng, hingga banyak pihak bertanya-tanya apakah Marquez bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

Pada 2014, Marquez boleh jadi meraih 13 kemenangan, yang 10 di antaranya diraih beruntun. Tapi musim ini, Marquez meraih 14 podium, yang 9 di antaranya merupakan kemenangan dan sisanya merupakan finis kedua. Satu-satunya hasil buruk hanyalah gagal finis di Austin, akibat terjatuh saat memimpin balapan dengan keunggulan 3,5 detik.

1 dari 2 halaman

Entah di Mana Limitnya

Hernandez pun menyebut musim balap Marquez kali ini sangat mendekati kata 'sempurna'. "Marc telah bekerja dengan sangat baik tahun ini, nyaris sempurna. Kecuali gagal finis di Austin, hasil terburuknya hanyalah finis kedua, itu pun selalu ketat di belakang pemenang," ungkapnya.

Pria yang pernah bekerja dengan Alex Criville dan Valentino Rossi ini bahkan mengaku tak bisa mengira-ngira di mana limit performa Marquez. Jika melihat umurnya saat ini, yang masih berusia 26 tahun, tak menutup kemungkinan bahwa Marquez bisa lebih garang lagi di masa depan.

"Entah di mana limit Marc. Yang jelas ia harus menikmati hasil yang sekarang. Beberapa tahun lalu, kita selalu bilang bakal sulit bagi seorang rider meraih 8 gelar dunia. Tapi kini Spanyol punya rider dengan 8 gelar, yakni Marc Marquez," ujar Hernandez.

2 dari 2 halaman

Sejarah Baru bagi Spanyol

Petenis Spanyol, Rafael Nadal (c) AP Photo Petenis Spanyol, Rafael Nadal (c) AP Photo

Marquez pun menjadi rider Spanyol tersukses kedua setelah Angel Nieto, yang meraih 13 gelar dunia. Hernandez yakin ini catatan bersejarah bagi Negeri Matador, dan ia menyebut Marquez berhasil mengharumkan nama negara mereka seperti Nadal, yang meraih begitu banyak prestasi di arena tenis, termasuk 12 gelar Roland Garros.

"Apa yang dilakukan Marc telah menggores kisah baru bagi dunia balap dan olahraga Spanyol. Marc adalah Rafael Nadal, keduanya tak diketahui di mana batasannya. Yang diketahui hanyalah mereka selalu mengerahkan segalanya di lintasan dan lapangan. Hasrat untuk menang adalah hal terpenting," tutup Hernandez.

Kini, Marquez akan menjalani MotoGP Jepang yang bakal digelar di sirkuit milik Honda, Twin Ring Motegi, akhir pekan nanti. Ia pun bertekad membantu Honda merebut Triple Crown 2019, yakni gelar dunia pebalap, gelar dunia konstruktor, dan gelar dunia tim.

Sumber: AS Motor

Setelah 40 Tahun, Perempuan Iran Akhirnya Saksikan Pertandingan di Stadion

KOMENTAR