BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marquez: Kontroversi 2015, Motivasi Rebut Gelar 2016

25-11-2016 10:45 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez (c) AFP Marc Marquez (c) AFP

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku segala kontroversi yang ia alami dengan Valentino Rossi di penghujung MotoGP 2015 merupakan motivasi terbesar dirinya untuk meraih gelar dunia tahun ini. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya bersama situs resmi kejuaraan balap motor terakbar tersebut.

Menjelang akhir musim 2015, Rossi memang menuduh Marquez sengaja bersekongkol dengan Jorge Lorenzo demi menggulingkannya dari persaingan gelar dunia. Hal ini tentu membuat Marquez kecewa, namun rider berusia 23 tahun ini menyatakan peristiwa ini melecutnya untuk merebut gelar dunia.

"Musim dingin 2015 begitu berat. Saat berlatih, yang saya pikirkan hanyalah gelar 2016. Tapi jalannya pramusim begitu sulit, karena saya punya motivasi besar namun performa motor kami begitu buruk. Kami sangat jauh tertinggal dari yang lain dan saya pikir gelar dunia bakal mustahil. Meski begitu, mentalitas saya adalah terus percaya dan berusaha," ujarnya.

Musim ini, Marquez 'hanya' meraih lima kemenangan. Rider asal Spanyol ini mengaku telah belajar mengubah mentalitas. Ia mengaku telah berusaha mengubah gaya balapnya yang ngotot menjadi lebih tenang, serta menyadari kadang kala ada baiknya memilih bermain aman ketimbang terjatuh dan gagal finis.

"Salah satu titik penting saya adalah Argentina dan Austin, di mana saya menang, jadi saya merasa lebih baik. Meski begitu, terkadang rasanya sulit menerima ketika rider lain menyalip dan finis di depan saya. Meski begitu saya mulai menyadari bahwa 'bermain aman' memang penting untuk gelar dunia," tutupnya.

KOMENTAR