Mario Aji Resmi Balapan di Moto3 2022 Bareng Honda Team Asia

Anindhya Danartikanya | 10 November 2021, 15:12
Taiyo Furusato dan Mario Aji (c) Honda Team Asia
Taiyo Furusato dan Mario Aji (c) Honda Team Asia

Bola.net - Pembalap muda Indonesia, Mario Aji, resmi bakal turun di Grand Prix Moto3 2022 bersama Honda Team Asia. Ia akan bertandem dengan Taiyo Furusato. Hal ini diumumkan oleh skuad junior Honda itu pada Rabu (10/11/2021). Kedua rider ini masing-masing akan menggantikan Andi 'Gilang' Farid Izdihar dan Yuki Kunii.

Mario sudah malang melintang di ajang-ajang balap motor internasional sejak 2018, dan saat ini turun di FIM CEV Moto3 Junior World Championship. Ia sempat menjalani wildcard dalam Moto3 Emilia Romagna di Sirkuit Misano. Ia dijadwalkan turun lagi di Moto3 Algarve, namun batal karena patah tulang femur kanan.

Di lain sisi, Furusato musim ini turun di ajang Idemitsu Honda Team Asia (IATC), di mana ia mengakhiri musim di peringkat kelima pada 2018. Rider berusia 16 tahun ini dinilai sebagai salah satu masa depan Jepang usai meraih empat kemenangan di IATC musim ini. Berikut pernyataan resmi Mario Aji.

1 dari 3 halaman

Penyataan Resmi Mario Aji

Mario Aji saat menjalani wildcard dalam Moto3 Emilia Romagna 2021 di Misano. (c) MotoGP.com

Mario Aji saat menjalani wildcard dalam Moto3 Emilia Romagna 2021 di Misano. (c) MotoGP.com

"Tentu saya sangat senang dan bersemangat menjalani musim depan. Salah satu impian ayah saya dan saya sejak kecil adalah balapan di kejuaraan dunia. Saya takkan menyia-nyiakan kesempatan emas yang sudah ada di tangan saya ini.

"Belajar dan mencetak progres di tiap balapan adalah target saya dan hasil baik akan datang secara alami. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang terlibat, terutama keluarga saya, yang selalu sangat mendukung sejak balapan pertama saya. Saya akan bertarung demi membuat impian ayah saya jadi nyata."

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Manajer Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama

Mario Aji di FIM CEV Repsol Moto3 (c) MotoGP.com

Mario Aji di FIM CEV Repsol Moto3 (c) MotoGP.com

"Di Moto3 pada 2022, kami akan punya para pembalap baru, Mario Suryo Aji, datang dari Astra Honda Racing Team, dan Taiyo Furusato, dari Idemitsu Asia Talent Cup. Mario akan melangkah dari Moto3 Junior World Championship. Ia punya kemampuan hebat untuk mengendarai motor apa pun di level yang baik. Kami percaya pada potensi dan kemajuannya pada masa depan.

"Taiyo, di Idemitsu Asia Talent Cup dan Red Bull Rookies Cup, telah menunjukkan potensi dan semangat, impresif lewat hasil dan performanya yang baik di kedua ajang. Kami sangat tertarik melihat kedua rider di kejuaraan dunia. Ini akan jadi langkah besar bagi keduanya, namun akan jadi pengalaman yang baik. Kami tak sabar untuk melihat mereka beraksi."

3 dari 3 halaman

Statistik Karier Mario Aji

2018:

  • Asia Road Racing Championship - Peringkat 6
  • Asia Talent Cup - Peringkat 5

2019:

  • FIM CEV Repsol Moto3 - Peringkat 18
  • Red Bull Rookies Cup - Peringkat 16

2020:

  • FIM CEV Repsol Moto3 - Peringkat 16

2021:

  • FIM CEV Repsol Moto3 - Peringkat 9 (musim masih berjalan)

Sumber: Honda Team Asia

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR