BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Marcel Schrotter Akui Didekati Petronas Yamaha SRT untuk MotoGP 2022

30-07-2021 12:27 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Liqui Moly Intact GP, Marcel Schrotter (c) Facebook/Intact GP
Pembalap Liqui Moly Intact GP, Marcel Schrotter (c) Facebook/Intact GP

Bola.net - Pembalap Liqui Moly Intact GP Moto2, Marcel Schrotter, akhirnya mengakui bahwa ia dan Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, memang melakukan diskusi soal peluang naik ke MotoGP 2022. Kepada Speedweek pada Kamis (29/7/2021), Schrotter mengatakan, fakta dirinya berkebangsaan Jerman bisa jadi membantu.

Petronas SRT memang terancam kehilangan dua rider sekaligus. Franco Morbidelli kini jadi calon terkuat pengganti Maverick Vinales di tim pabrikan Yamaha, dan Valentino Rossi sudah memberi sinyal kuat untuk pensiun. Razali belakangan mengakui pihaknya sedang mengamati peringkat 10 besar klasemen Moto2 sampai Seri Assen.

Saat ini, Schrotter pun tengah menjalani musim terbaiknya, duduk di peringkat keenam. Rider berusia 28 tahun ini diketahui menjalani debut Grand Prix secara penuh pada 2010 di GP125, dan telah turun di Moto2 sejak tengah musim 2012. Selama turun di kejuaraan dunia, ia telah mengoleksi lima podium tanpa kemenangan.

1 dari 4 halaman

Sudah Kontak Tiap Tahun

Pembalap Liqui Moly Intact GP, Marcel Schrotter (c) Facebook/Intact GP
Pembalap Liqui Moly Intact GP, Marcel Schrotter (c) Facebook/Intact GP

Kepada MCN, Selasa (27/7/2021), Razali menyatakan dirinya juga melihat opsi dari Moto2 dan WorldSBK. "Kami kini tengah melihat para rider Moto2, dari peringkat 1 sampai 9, di mana Xavi Vierge juga ada di sana. Beberapa tak tersedia, namun lainnya ada juga, seperti Marco Bezzecchi, Joe Roberts, dan Marcel Schrotter," tuturnya.

Schrotter pun membenarkan hal ini. "Seperti yang Razlan bilang, saya ada dalam daftarnya. Secara umum memang sudah ada kontak selama beberapa tahun terakhir, karena Anda harus lihat semua peluang. Saya satu-satunya rider Jerman yang tersisa, dan Dorna Sports tentu ingin melihat saya di MotoGP," ujar sahabat Jack Miller ini.

"Saya sudah kenal Razlan selama beberapa tahun, ia juga bekerja sangat dekat dengan Jurgen Lingg (bos Intact GP) di kejuaraan-kejuaraan junior. Bahkan Jurgen mewakili saya untuk bicara dengan Razlan dari waktu ke waktu. Saya sangat bersyukur Jurgen memberikan dukungannya kepada saya. Ini jelas adalah impian saya," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Lawan Jake Dixon dan Xavi Vierge

Belum ada rider Jerman yang turun penuh di MotoGP sejak Jonas Folger pada 2017. Dorna sendiri diketahui sedang mencari talenta dari Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris untuk meningkatkan ketertarikan penonton. Jake Dixon dari Inggris pun diisukan jadi calon lain bagi Petronas SRT, mengingat ia juga kini tengah membela Petronas Sprinta Racing di Moto2.

Rider kedua Petronas Sprinta Racing, Xavi Vierge, berasal dari Spanyol, dan Razali juga tak menutup kans untuk menggaetnya. Tapi Schrotter juga tak memungkiri status rider Jerman yang ia sandang bisa menguntungkan.

"Tahun ini, saya bicara dengan Razlan secara pribadi dan bertanya apakah timnya sudah punya rencana, apalagi ada gosip Jake bisa jadi opsi dan banyak orang tak suka itu terjadi. Hal ini membuat semua jadi memungkinkan. Mungkin paspor Jerman bisa membantu saya bersaing dengan Xavi atau lainnya," pungkasnya.

Berikut 10 besar klasemen sementara Moto2 2021.

3 dari 4 halaman

10 Besar Klasemen Moto2 2021 sampai Seri Assen

  1. Remy Gardner (184 poin) - resmi naik ke MotoGP 2022 bersama Tech 3 KTM Factory Racing
  2. Raul Fernandez (153) - berpeluang naik ke MotoGP 2022 bersama Tech 3 KTM Factory Racing, juga dikabarkan bertahan di Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo
  3. Marco Bezzeccchi (128) - dikabarkan naik ke MotoGP 2022 bersama Aramco Racing Team VR46
  4. Sam Lowes (99) - berpeluang bertahan di Moto2 2022 bersama Elf Marc VDS Racing
  5. Fabio di Giannantonio (73) - resmi naik ke MotoGP 2022 bersama Flexbox Gresini Racing
  6. Marcel Schrotter (66) - berpeluang bertahan di Moto2 2022 bersama Liqui Moly Intact GP
  7. Aron Canet (55) - resmi bertahan di Moto2 2022, resmi pindah ke Flexbox 40 HP
  8. Augusto Fernandez (50) - berpeluang bertahan di Moto2 2022 bersama Elf Marc VDS Racing
  9. Xavi Vierge (50) - berpeluang bertahan di Moto2 2022 bersama Petronas Sprinta Racing
  10. Joe Roberts (50) - berpeluang bertahan di Moto2 2022, juga dikabarkan pindah ke Red Bull KTM Ajo

Sumber: Speedweek

4 dari 4 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR