Marc Marquez Target Pecahkan Rekor Kemenangan Rossi-Agostini

Anindhya Danartikanya | 31 Oktober 2019, 11:47
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berkali-kali menyatakan dirinya tak terobsesi memecahkan rekor-rekor yang sudah tergores dalam buku sejarah MotoGP. Meski begitu, tak bisa dimungkiri bahwa pemecahan rekor adalah hal yang menarik diamati.


Meski baru tujuh musim turun di ajang tertinggi, Marquez telah menuliskan berbagai catatan bersejarah di MotoGP. Termasuk menjadi pemenang dan juara dunia termuda. Tengah mendominasi, Marquez juga tentu telah mematahkan banyak rekor kemenangan.

Contohnya dalam pekan balap di Sirkuit Phillip Island, Australia, akhir pekan lalu. Usai mengalahkan Maverick Vinales, Marquez sukses meraih kemenangannya yang ke-55 di kelas tertinggi.

1 dari 2 halaman

Patahkan Rekor Mick Doohan

Dengan jumlah kemenangan ini, rider Spanyol tersebut akhirnya sukses melampaui rekor Mick Doohan. Kini, Marquez tercatat sebagai rider Honda dengan kemenangan terbanyak di GP500/MotoGP.

Hanya ada dua pebalap yang punya kemenangan lebih banyak dari Marquez saat ini, yakni Valentino Rossi dengan 89 kemenangan dan Giacomo Agostini dengan 68 kemenangan.

Rossi sendiri dipastikan masih akan tetap balapan di MotoGP pada 2021 nanti, dan masih memungkinkan menambah jumlah kemenangannya.

2 dari 2 halaman

Masih Muda, Potensi Lampaui Rekor Rossi

Meski begitu, fakta bahwa Marquez masih berusia 26 tahun dan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa, ia juga sangat memungkinkan melampaui rekor Rossi.

Berikut 10 pebalap dengan kemenangan terbanyak di GP500/MotoGP.

  1. Valentino Rossi - 89 kemenangan
  2. Giacomo Agostini - 68 kemenangan
  3. Marc Marquez - 55 kemenangan
  4. Mick Doohan - 54 kemenangan
  5. Jorge Lorenzo - 47 kemenangan
  6. Casey Stoner - 38 kemenangan
  7. Mike Hailwood - 37 kemenangan
  8. Eddie Lawson - 31 kemenangan
  9. Dani Pedrosa - 31 kemenangan
  10. Kevin Schwantz - 25 kemenangan

Untuk target jangka pendek, Marquez pun bertekad membidik kemenangannya yang ke-56 dalam pekan balap MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, 1-3 November.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR