Marc Marquez Sering Jatuh, John McGuinness Pertanyakan Bimbingan Alberto Puig

Anindhya Danartikanya | 28 Maret 2022, 14:41
Marc Marquez dan Alberto Puig (c) HRC
Marc Marquez dan Alberto Puig (c) HRC

Bola.net - Legenda Tourist Trophy (TT), John McGuinness, meragukan kepemimpinan sekaligus bimbingan Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, terhadap Marc Marquez, yang belakangan ini kerap mengalami kecelakaan parah di MotoGP. Yang terakhir, bahkan terjadi empat kali sepanjang pekan balap di Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Kecelakaan pertama terjadi di sesi FP2, sementara yang kedua dan ketiga terjadi dalam sesi Kualifikasi 1 (Q1). Yang paling parah pun terjadi dalam sesi pemanasan di Tikungan 7. Marquez terlempar dari motor, terjatuh keras di aspal, dan lalu mengalami gegar otak. Diplopia alias penglihatan ganda mata kanannya juga kambuh.

McGuinness merasa Marquez harus merenungkan kembali caranya berkendara yang dinilai agresif dan kelewat ngotot. Namun, ia juga yakin Marquez tak dikelilingi orang yang tepat. Rider yang 23 kali memenangi Isle of Man TT ini bahkan tak segan mempertanyakan bimbingan Puig, yang memanajeri Repsol Honda sejak 2018.

1 dari 2 halaman

Marc Marquez Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Legenda Isle of Man TT, John McGuinness (c) WikipediaLegenda Isle of Man TT, John McGuinness (c) Wikipedia

"Saya dapat kesan Alberto hanya ingin Marc kembali ke atas motor dan langsung berkendara. Padahal, Marc hanya butuh kembali menemukan kepercayaan diri. Menghadapi Marc saat ini seperti membuka kotak Pandora. Ketika seorang rider terus-terusan jatuh, sesuatu harus dilakukan," ujar McGuinness lewat MCN seperti yang dikutip GPOne, Sabtu (26/3/2022).

Pria asal Inggris berusia 49 tahun ini juga terheran-heran ketika Repsol Honda dan Puig membiarkan Marquez buru-buru kembali ke lintasan usai kecelakaan pertama pada sesi Q1, yang berujung kecelakaan kedua hanya beberapa menit setelahnya. Menurut McGuinness, Marquez tak dalam mentalitas yang prima.

"Pada Sabtu, usai kecelakaan pertama, ia buru-buru kembali ke pit, kembali ke trek, dan usai beberapa lap, ia jatuh lagi di titik yang sama, dengan cara yang sama. Ia tidak sedang baik-baik saja. Ia tampak putus asa. Andai tak pakai airbag saat kecelakaan di sesi pemanasan, ia bakal jatuh 'berkeping-keping," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Salah Satu Pembalap Motor Terbaik

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Semua insiden parah yang dialami Marquez ini pun membuat McGuinness sedih karena menurutnya sang delapan kali juara dunia merupakan salah satu pembalap terbaik masa kini. Meski begitu, ia melihat Marquez saat ini sangat kesulitan mencari performa terbaik di atas motor RC213V miliknya.

"Saya sedih melihatnya begitu, karena Marc salah satu yang terbaik. Ketika ia melakukan yang terbaik, Anda pasti mengaguminya. Namun, saat ini ia tak bisa bersenang-senang di atas motor, dan saya rasa tak seorang pun suka melihat apa yang ia lakukan pada dirinya sendiri," pungkas McGuinness.

Saat ini, Marquez tengah menjalani masa pemulihan di Madrid, Spanyol. Meski begitu, belum diketahui apakah ia akan cukup bugar untuk turun dalam Seri Argentina di Termas de Rio Hondo pada 1-3 April dan Seri Austin di Circuit of The Americas pada 8-10 April mendatang.

Sumber: MCN, GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR