BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Marc Marquez Sempat Siap Legawa Jika Harus Pensiun Dini dari MotoGP

21-04-2021 12:40 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tak malu-malu mengakui dirinya memang sempat takut lengan kanannya tak lagi bisa pulih seperti sediakala. Kepada Marca, ia pun mengaku, meski bakal sangat sedih, ia ternyata sudah sempat mempersiapkan diri menerima kenyataan jika harus pensiun dini dari MotoGP.

Seperti diketahui, Marquez sempat menjalani tiga operasi besar pada tulang humerus kanannya yang patah akibat kecelakaan hebat di Jerez, Spanyol, pada 2021. Proses pemulihannya pun berjalan sangat rumit, apalagi plat titanium yang ditanamkan pada lengannya sempat patah dan tulangnya juga sempat mengalami infeksi.

Selama sembilan bulan menjalani pemulihan panjang di rumahnya yang ada di Cervera, Spanyol, Marquez tak memungkiri dirinya sempat takut harus pensiun dini. Ia yakin, jika itu sampai terjadi, maka itu akan jadi masa pensiun yang sama sekali tak ideal. Namun, Marquez bersyukur pemulihannya terus mengalami progres positif.

1 dari 3 halaman

Kini Sudah Bisa Bersenang-senang Lagi

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Pensiun yang ideal dari seorang pembalap adalah pensiun berdasarkan keinginannya sendiri, bukan karena cedera atau tak punya tempat di MotoGP lagi, atau lainnya. Tapi secara logis, saya bakal menerimanya jika tak ada pilihan. Namun, kini semua sudah usai, kini saya bisa naik motor dan bersenang-senang lagi," tuturnya seperti yang dikutip Corsedimoto, Selasa (20/4/2021).

Dokter pun akhirnya memberikan lampu hijau kepada Marquez untuk kembali balapan di Seri Portimao, Portugal, pada 16-18 April lalu, di mana ia finis ketujuh dan berhasil melewati pekan balap tanpa satu pun kecelakaan. Saat kembali ke garasi, ia pun terlihat emosional dan menangis penuh haru.

Marquez mengaku tak takut jatuh, namun cemas saat lihat kecelakaan Jorge Martin dan Alex Marquez di sesi FP3. "Saya tak pernah merasa takut menjalani pekan balap lalu. Tapi saat lihat kecelakaan Jorge, dan lihat adik saya melayang di depan mata saya di Tikungan 3, saya hanya bisa berkata, 'Selesaikan lap, dan selesaikan sesi ini'," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Belum Bisa Berburu Gelar Dunia

Di lain sisi, Marquez menegaskan, meski dirinya sudah kembali berkompetisi, tak berarti dirinya langsung membidik gelar dunia yang kesembilan. Ia menyatakan kondisi fisiknya belum ideal untuk diajak memburu hasil-hasil mentereng karena proses pemulihannya belum usai.

"Masih ada banyak balapan tersisa. Saya belum bisa memikirkan gelar dunia, karena saya belum siap memperebutkan gelar. Tapi tentu saya berharap bisa kembali ke level itu sesegera mungkin, karena salah satu target saya adalah bertarung dalam balapan dalam waktu dekat," tutupnya.

Marquez akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 30 April-2 Mei mendatang. Di sela masa rehat ini, ia pun belum boleh berlatih di atas motor, dan hanya akan menjalani fisioterapi dan berlatih sepeda.

Sumber: Marca, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR