BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Marc Marquez Sebut Joan Mir Punya Kans Besar Juara Lagi di MotoGP 2021

24-02-2021 11:50 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Global Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Global

Bola.net - Marc Marquez telah mengenyahkan harapan menjuarai MotoGP 2021, karena menurutnya target itu tidaklah realistis jika mengingat cederanya yang belum pulih. Alhasil, pembalap Repsol Honda ini pun menjagokan Joan Mir untuk mempertahankan gelarnya. Hal ini ia sampaikan via MotosanGP, Selasa (23/2/2021).

Melihat progres pemulihan patah tulang lengan kanannya yang terus positif selama dua bulan terakhir, Marquez yakin bisa kembali balapan musim ini juga, walau masih belum berani menyebut kapan dan di mana. Atas alasan ini, ia tak mau menyebut siapa pembalap yang bisa jadi rival utamanya.

Delapan kali juara dunia ini yakin, 'musuh' yang harus ia kalahkan saat ini adalah cedera lengannya sendiri. Namun, jika bicara soal peta persaingan, Marquez memprediksi bahwa Mir, yang menjuarai MotoGP musim lalu bersama Suzuki Ecstar, akan berusaha sekeras mungkin demi mempertahankan tahta.

1 dari 3 halaman

Joan Mir Jadi Juara Karena Paling 'Komplet'

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

"Soal rival, saat ini saya punya hal lain untuk dipikirkan. Cedera lengan saya adalah 'musuh' yang harus saya kalahkan untuk sekarang. Tapi soal persaingan gelar dunia, saya rasa Joan bisa jadi juara dunia lagi dan ia memang harus mempertahankan gelarnya," ungkap Marquez.

Rider berusia 28 tahun ini juga sekali lagi menyatakan bahwa Mir merupakan juara yang sah dan gelar dunia yang ia raih tetap valid, meski banyak pihak meyakini gelar yang disabet Mir tak punya bergengsi tinggi hanya karena Marquez absen sepanjang musim lalu.

"Jika Anda merupakan juara dunia, maka itu berarti Anda merupakan pembalap paling cepat dan yang paling 'komplet' dalam semusim. Namun, soal kandidat juara tahun ini, tentu masih ada ada para pembalap Yamaha, Ducati, dan KTM. Saat ini, saya pilih menyebut mereka semua," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Joan Mir Bakal Jadi Favorit

Di lain sisi, Marquez mengakui bahwa peta persaingan yang begitu acak musim lalu sangatlah janggal sekaligus menarik untuk disaksikan. Namun, mengingat Mir mampu jadi pembalap paling konsisten, Marquez pun tak ragu rider berusia 23 tahun itu bisa mengulangnya musim ini.

"Tahun lalu menyajikan persaingan yang sangat terbuka, tak ada satu pembalap punya performa yang benar-benar mencolok dibandingkan lainnya. Namun, Joan merupakan juara dunia, jadi saya rasa ia akan jadi favorit lagi tahun ini," pungkasnya.

Sementara Marquez belum diketahui kapan akan kembali berkendara, seluruh paddock MotoGP akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang dilanjutkan dengan dua pekan balap di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April.

Sumber: MotosanGP

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR