BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Marc Marquez: Saya Siap Tidak Menang, Juga Siap Jatuh Lagi

09-06-2021 15:55 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyatakan sejak awal sudah mempersiapkan mental takkan bisa memenangi balapan ataupun merebut gelar dunia MotoGP tahun ini. Lewat Corsedimoto, Rabu (9/6/2021), ia mengaku hanya ingin fokus memulihkan kondisi lengan dan melakukan 'tes' limit performa fisiknya sepanjang 2021.

Seperti diketahui, usai absen semusim lebih, Marquez akhirnya kembali balapan sejak Seri Portimao pada pertengahan April. Kini, sudah lima balapan berlalu, kondisi fisiknya pun belum mencapai 100% dan masih dalam tahap rehabilitasi. Hasil terbaiknya hanyalah finis ketujuh di Portimao, dan di tiga seri terakhir ia bahkan gagal finis.

Harapan meraih hasil baik itu sudah pasti, tapi ia tak kecewa-kecewa amat pada kiprahnya musim ini, karena ia memang hanya ingin menjalani lap sebanyak mungkin untuk menguji fisiknya. Ia bahkan senang bukan kepalang bisa menjalani 87 lap sekaligus dalam uji coba Catalunya, Senin (7/6/2021), meski hanya duduk di posisi 11.

1 dari 3 halaman

Tak Boleh Terbawa Angan-Angan

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Saya putuskan menghadapi semuanya dan tak menjadi pengecut, meski bakal lebih mudah tinggal di rumah. Secara psikis, saya sudah siap untuk tidak menang, dan saya juga siap untuk kecelakaan lagi, karena saya paham betul situasi saya. Saya tak harus terbawa angan-angan, dan harus realistis sepanjang waktu," ujar Marquez.

Marquez pun menyatakan, membantu Honda bangkit dari keterpurukan memang ada dalam daftar tugasnya musim ini, namun prioritasnya masih tetap memperbaiki kondisi fisik. Ia paham betul bahwa progresnya harus rutin diamati, namun ia juga sangat sadar bahwa kondisinya takkan membaik dalam sekejap.

"Kami masih harus memahami apa yang sudah berubah sejak saya kembali. Kami memang belum ada dalam situasi yang bakal bisa teratasi dalam waktu singkat, dari satu balapan ke balapan lainnya. Namun, jika sedikit demi sedikit bisa meraih hasil baik, dan makin memahami banyak hal, maka kami akan terus maju," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Penasaran Kiprah di Sachsenring

Meski gagal finis dalam MotoGP Catalunya, Minggu (6/6/2021), Marquez juga merasakan adanya kemajuan performa. Kini ia sangat penasaran untuk mengonfirmasi hal ini di Sachsenring, Jerman, di mana ia sukses meraih 10 kemenangan beruntun sebelum trek ini absen dari kalender 2020 akibat Covid-19.

Perlu diingat pula, Sachsenring merupakan daerah kekuasaan Marquez karena ia sangat menyukai trek itu. Pasalnya, 10 dari 13 tikungan yang ada, semuanya berbelok ke kiri, yakni arah tikungan favorit sang delapan kali juara dunia tersebut. Namun, Marquez juga tak mau jemawa.

"Seharusnya, saya takkan terlalu kesulitan karena semuanya melaju ke kiri. Ini akan membantu saya, namun jika kami tetap dapat masalah yang sama seperti di Catalunya, maka memang hanya sedikit yang bisa kami perbuat. Kita lihat saja nanti apakah kami bisa lebih maju," pungkas kakak Alex Marquez ini.

Sumber: Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR