Marc Marquez Resmi Hadapi Operasi Keempat di Lengan, Tak Mau Buru-Buru Comeback

Anindhya Danartikanya | 28 Mei 2022, 21:20
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Honda Racing Corporation (HRC) resmi mengumumkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, akan menjalani operasi keempat pada lengan atas (humerus) kanannya dan bakal absen dari beberapa seri tersisa di MotoGP 2022. Hal ini mereka umumkan di Sirkuit Mugello, Italia, Sabtu (28/5/2022), usai Marquez menduduki posisi 12 di sesi kualifikasi.


Marquez diketahui mengalami patah tulang humerus akibat kecelakaan hebat dalam balapan MotoGP Jerez, Spanyol, pada pertengahan 2020. Operasi pertama digelar dua hari setelah insiden, di mana dokter menanamkan plat titanium dan belasan sekrup pada lengannya. Sayang, tiga pekan kemudian kesialan lain mendera.

Plat titanium Marquez patah saat ia hendak membuka pintu di rumahnya yang ada di Cervera, sehingga ia harus menjalani operasi kedua pada hari yang sama. Akibat insiden domestik ini, Marquez harus absen dari sisa musim 2020 dan menjalani operasi ketiga pada akhir tahun akibat infeksi pada area yang sama.

1 dari 2 halaman

Absen Berkali-kali

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Marquez kemudian kembali balapan di MotoGP Portimao, Portugal, pada 2021. Ia meraih empat podium, termasuk tiga kemenangan, sebelum absen lagi dari dua seri terakhir akibat cedera diplopia alias penglihatan ganda pada mata kanannya, yakni cedera yang sempat ia alami usai kecelakaan hebat di Moto2 Sepang, Malaysia, 2021.

Diplopia ini kambuh usai Marquez terjatuh dalam latihan enduro di Lleida pada akhir Oktober. Namun, Marquez kembali mengalami diplopia ini usai mengalami kecelakaan hebat dalam sesi pemanasan MotoGP Mandalika, Indonesia, pada Maret 2022, sehingga ia harus absen dari Seri Mandalika dan Argentina.

Meski begitu, di Mugello, Marquez santer dikabarkan harus menjalani operasi keempat pada lengan kanannya yang ternyata belum pulih 100%. HRC dan Marquez akhirnya mengonfirmasi kabar tersebut secara resmi dalam jumpa pers dadakan usai sesi kualifikasi, di mana Marquez sempat mengalami kecelakaan di Tikungan 2.

2 dari 2 halaman

Fokus Bugar di MotoGP 2023

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Dalam jumpa pers, Marquez dan Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, mengonfirmasi operasi keempat ini akan dilakukan di Minnesota, Amerika Serikat, pekan depan. Keputusan ini diambil karena cedera ini sangat memengaruhi performa Marquez di atas motor RC213V dan menimbulkan cedera lain pada bahu kiri Marquez.

Puig juga menyatakan para dokter baru mengonfirmasi bahwa operasi bisa dilakukan dalam waktu dekat pada Jumat (27/5/2022), usai Marquez menjalani sesi latihan bebas pertama (FP1) di Mugello. Delapan kali juara dunia ini akan tetap menjalani balapan pada Minggu (29/5/2022), namun absen pada balapan setelahnya.

Belum diketahui waktu pemulihan yang dibutuhkan Marquez, dan rider berusia 29 tahun ini belum mau mengungkapkan kapan ia bisa kembali balapan. Ia menyatakan bahwa dirinya takkan buru-buru untuk kembali berlaga. Marquez menyebut targetnya saat ini adalah kembali bugar untuk menjalani musim 2023.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR