BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marc Marquez Resmi Absen dari MotoGP Jerez, Andalusia

25-07-2020 20:19 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan takkan turun dalam balapan MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez pada Minggu (26/7/2020). Hal ini dikonfirmasi oleh sang manajer tim, Alberto Puig, usai sesi kualifikasi digelar pada Sabtu (25/7/2020).

Marquez diketahui mengalami patah tulang humerus kanan usai kecelakaan dalam balapan MotoGP Spanyol di trek yang sama pada Minggu (19/7/2020) lalu, dan menjalani operasi di Barcelona pada Selasa (21/7/2020), serta sempat diperkirakan bakal absen dari MotoGP Andalusia.

Meski begitu, Marquez memutuskan kembali ke Jerez pada Kamis (23/7/2020) untuk menjalani tes medis di sirkuit demi melihat apakah ia cukup fit untuk balapan di MotoGP Andalusia. Setelah menjalani tes tersebut, ia dinyatakan fit, namun memilih tak turun dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2).

1 dari 3 halaman

Sempat Turun di FP3 dan FP4

Marquez sempat turun dalam sesi latihan bebas ketiga (FP3) pada Sabtu (25/7/2020), namun hanya menjalani sedikit lap dan memilih fokus turun di sesi latihan bebas keempat (FP4). Dalam sesi tersebut, Marquez hanya menjalani tujuh lap.

Sang delapan kali juara dunia ini sempat nekat turun dalam sesi Kualifikasi 1 (Q1), namun setelah satu lap, ia kembali ke garasi dan tak kembali ke trek. Setelah pembicaraan dengan tim medis dan petinggi tim, akhirnya Marquez memutuskan absen dari balapan.

Lewat GPOne, Puig menyatakan bahwa ini keputusan terbaik. "Kami memutuskan untuk tak melanjutkan pekan balap dan berhenti di sini. Pada siang, Marc mulai merasakan rasa sakit yang luar biasa ketimbang pada pagi hari. Entah ini karena cuaca panas atau banyak lap pada FP4," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Keputusan Terbaik.

"Ia tak merasa baik-baik saja, dan yang terbaik adalah tak ikut balapan. Kami sudah mencoba melihat performa Marc pada FP3 dan FP4. Honda adalah satu tim, dan bersama dengannya, kami memutuskan bahwa yang terbaik adalah tak memaksakan diri," lanjut Puig.

Puig juga menjelaskan mengapa Marquez ngotot kembali ke Jerez hanya dua hari setelah operasi. "Usai operasi, Marc merasa bugar, jadi ia memutuskan kembali ke sini untuk mencoba. Jika mengalami hal yang sama, rider lain mungkin takkan melakukan hal yang dilakukan Marc. Tapi begitulah Marc, ia rider yang spesial."

Sebelum Marquez memutuskan kembali ke Jerez, tim dokter sempat memperkirakan ia baru bisa kembali beraksi di MotoGP Brno, Ceko, pada 7-9 Agustus mendatang. Meski begitu, belum ada konfirmasi dari Repsol Honda.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR