BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marc Marquez Prediksi Aksi Comeback-nya di MotoGP Takkan Sempurna

22-02-2021 19:47 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, boleh jadi optimistis bisa balapan lagi di MotoGP 2021. Namun, ia mengaku belum bisa memastikan kapan tepatnya ia bakal kembali berkompetisi, sekaligus memprediksi bahwa aksi comeback-nya takkan sempurna karena ia pasti butuh waktu adaptasi.

Sejak mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol pada Juli 2020, Marquez telah menjalani tiga operasi dalam kurun waktu tujuh bulan akibat patah tulang humerus kanannya. Operasi ketiga untuk cangkok tulang pun digelar awal Desember lalu usai tulangnya ketahuan terinfeksi, dan ia diperkirakan butuh waktu enam bulan untuk pulih.

Namun, selama dua bulan terakhir, Marquez telah melakukan beberapa pemeriksaan medis dengan para dokternya di Madrid dan hasilnya pun positif. Alhasil, sang delapan kali juara dunia merasa optimistis bisa berkendara seperti sediakala, tapi tak bisa memastikan kapan ia bisa kembali berkompetisi di MotoGP.

1 dari 3 halaman

Nyaris 10 Bulan Hidup Tanpa Motor

Kalaupun kembali berkompetisi, Marquez yakin baik fisik maupun mentalnya takkan otomatis kembali 100% seperti sediakala. Usai nyaris 10 bulan tak mengendarai motor apa pun, delapan kali juara dunia ini memprediksi dirinya bakal butuh waktu untuk kembali menyesuaikan diri dengan kecepatan tinggi dan level persaingan di trek.

Di sela peluncuran tim pada Senin (22/2/2021), Marquez menyatakan, selain mentalitasnya harus kembali dibangun lebih tangguh, ada dua hal pada lengannya yang harus ditunggu sampai pulih benar. Tak hanya tulangnya yang harus dinanti sampai 100% kuat, melainkan juga massa otot yang jauh berkurang sejak 2020.

"Ini pertama kalinya saya hidup tanpa motor selama 7-9 bulan. Saat kembali mengendarai motor MotoGP, saya rasa saya takkan 100% bugar, karena tulang 100% pulih beda lagi dengan otot 100% pulih. Tentu saya ingin comeback yang sempurna, namun ini bakal sulit. Kita lihat saja nanti apa saya butuh 1-2 balapan, atau harus tunggu sampai tengah musim untuk kembali jadi Marc yang dulu," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Tak Boleh Buru-Buru Jadi Marc Marquez yang Dulu

Marquez juga mengungkapkan bahwa dirinya punya target berbeda menjelang dimulainya musim 2021. Jika biasanya ia ingin merebut gelar dunia, kini ia merasa itu bukan target yang realistis. Rider berusia 28 tahun ini menyatakan bahwa target utamanya adalah kembali mengendarai motor dan kembali bersenang-senang di atasnya.

"Biasanya target saya tiap musim adalah meraih gelar dan menemukan detail lain untuk jadi juara. Tapi untuk 2021, target saya sungguh berbeda. Target utama saya adalah kembali bersenang-senang di atas motor, dan secara bertahap kembali melaju cepat seperti dulu. Namun, ini hal yang masih harus saya pahami dan saya tak boleh terburu-buru untuk menjadi seperti dulu," tutupnya.

Uji coba pramusim MotoGP akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 5-7 dan 10-12 Maret mendatang, dan akan dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April.

Sumber: Honda Racing Corporation

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR