BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Marc Marquez Nekat Balapan saat Cedera, Bukti Cinta pada MotoGP'

24-07-2020 13:00 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Rider Aprilia Racing, Aleix Espargaro, memberi pembelaan untuk Marc Marquez dan tim medis MotoGP soal kontroversi keputusan sang rider Repsol Honda mencoba ikut Seri Andalusia di Jerez, Spanyol, 24-26 Juli, meski belum pulih dari cedera patah tulang lengan yang baru dioperasi.

Marquez diketahui mengalami kecelakaan hebat dalam balapan MotoGP Spanyol di trek yang sama pada Minggu (19/7/2020), yang mengakibatkan patah tulang humerus kanan. Ia pun menjalani operasi di Rumah Sakit Universitari Dexeus pada Selasa (21/7/2020).

Setelah 48 jam pascaoperasi, sesuai regulasi medis, Marquez berhak meminta evaluasi medis lanjutan demi melihat apakah ia bisa ikut balapan akhir pekan ini. Atas alasan ini, ia diizinkan kembali ke Jerez pada Kamis (23/7/2020) dan langsung menjalani tes di Medical Center.

1 dari 3 halaman

Tim Medis MotoGP Paham Situasi

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia

Usai menjalani tes medis, Marquez dinyatakan fit untuk turun lintasan, meski memilih absen dari latihan pertama dan kedua pada Jumat (24/7/2020) dan baru berkendara keesokan harinya. Baik Marquez dan tim medis MotoGP mendapat kritik tajam, dan keputusan ini dinilai gegabah karena bisa mengancam karier Marquez sendiri.

Meski begitu, Espargaro tak sepakat. Ia yakin keputusan ini diambil berdasar perhitungan matang. "Bagusnya, selama 3-5 tahun terakhir, kualitas bagian medis kejuaraan ini sudah meningkat tajam. Kami punya dokter-dokter yang sangat baik, tes medisnya juga sangat baik," ungkapnya via Motorsport.com.

"Saya percaya pada tes yang kami harus hadapi usai cedera demi cukup bugar untuk balapan, karena dr. Angel Charte dan dr. Xavier Mir adalah dokter yang sangat baik. Jadi, jika mereka memperbolehkan kami berkendara, berarti kami memang bisa mengendarai motor MotoGP," lanjut rider 31 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Semua Pebalap Pasti Juga Ikuti Langkah Marc Marquez

Tak hanya Marquez, dua rider cedera lainnya, yakni Cal Crutchlow dan Alex Rins juga dinyatakan fit berkendara, usai masing-masing menjalani operasi tulang scaphoid pergelangan tangan kiri dan menjalani rehabilitasi akibat keretakan dan dislokasi tulang bahu kanan akibat kecelakaan akhir pekan lalu.

"Marc, Alex, dan Cal akan coba berkendara akhir pekan ini, tapi saya yakin tes medisnya sudah cukup bagi mereka dan dan bagi kami untuk berkendara bersama. Inilah gambaran pebalap, betapa cintanya kami pada olahraga ini. Ini bukan sekadar pekerjaan, ini gairah kami," tutur Espargaro.

"Jadi saya yakin semua orang di grid akan bekerja sekeras Marc untuk kembali berkendara setelah cedera. Fisik Marc sangat baik, ia benar-benar melatih ototnya. Jadi saya rasa ia bisa menahannya. Saya rasa olahraga ini memang menakjubkan, dan ini adalah contoh kecilnya," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR