Marc Marquez Minta Andrea Dovizioso Bertahan di Ducati

Anindhya Danartikanya | 17 Juli 2020, 18:50
Andrea Dovizioso dan Marc Marquez (c) AP Photo
Andrea Dovizioso dan Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku berharap Andrea Dovizioso benar-benar bertahan di Ducati Team pada MotoGP 2021. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Sky Sport, Kamis (16/7/2020) di Jerez, Spanyol.


Sampai saat ini, Dovizioso merupakan salah satu dari tiga pebalap papan atas MotoGP yang belum mendapatkan kontrak baru. Hal ini dikarenakan negosiasinya dengan Ducati berjalan sangat alot karena sulit menemukan kecocokan soal besaran gaji.

Ducati yang mengalami krisis ekonomi akibat pandemi virus corona, kabarnya ingin menurunkan gaji Dovizioso dari 6 juta euro menjadi 3 juta euro saja per musim, meski rider Italia tersebut sukses menjadi runner up selama tiga musim terakhir.

1 dari 3 halaman

Dalam Jenjang Karier yang Baik

Saat ini, negosiasi dihentikan sementara, karena Ducati dan Dovizioso ingin fokus mengawali musim 2020. Namun, manajer 'Dovi', Simone Battistella baru-baru ini memberi kabar heboh bahwa kliennya itu mempertimbangkan hiatus setahun jika tak dapat proyek menjanjikan di MotoGP.

"Saya rasa, dan saya harap, Dovi tetap melanjutkan karier tahun depan. Kami menjalani banyak duel hebat selama beberapa tahun terakhir, dan saya rasa ia masih dalam momen dalam kariernya di mana ia bisa tampil kuat," ungkap Marquez, yang jadi lawan berat Dovizioso sejak 2017.

2 dari 3 halaman

Sebaiknya Manfaatkan Momentum

Opsi hiatus semusim dinilai banyak orang tak terlalu realistis bagi Dovizioso, karena ia telah berusia 34 tahun dan kini tim-tim MotoGP cenderung menggaet rider muda. Selain itu, jika ia tak melanjutkan kerja sama dengan Ducati, opsinya juga sangat sedikit.

Usai gagal bergabung dengan Red Bull KTM Factory Racing, Dovizioso masih punya peluang untuk membela Aprilia Racing yang terancam kehilangan Andrea Iannone akibat kasus doping. Namun, ia harus bersaing dengan Cal Crutchlow yang merupakan kandidat utama rider tim itu.

"Dovi masih bisa memenangkan balapan, meraih banyak podium. Jadi saya rasa ia harus memanfaatkan momentum ini dan bertahan di MotoGP. Ketika tak bisa meraih hasil-hasil baik, barulah ia bisa berhenti. Saya harap ia tetap di Ducati, mereka tim yang hebat," tutup Marquez.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR