BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Marc Marquez Masih Harus Cek Mata, Iker Lecuona Bantah Jadi Pengganti di Sepang

16-01-2022 18:15 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Iker Lecuona (c) Honda Racing Corporation
Marc Marquez dan Iker Lecuona (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, bertekad mengikuti uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, 5-6 Februari 2022. Namun, ia mengakui partisipasinya masih sangat tergantung kondisi matanya dan keputusan dokter. Di lain sisi, rider anyar Team HRC WorldSBK, Iker Lecuona, membantah akan jadi penggantinya.

Marquez dirundung diplopia atau penglihatan ganda mata kanan usai kecelakaan saat berlatih enduro pada akhir Oktober 2021. Cedera ini sama persis dengan yang ia alami 10 tahun lalu. Bedanya, satu dekade lalu ia harus menjalani operasi, sementara kali ini dokter memberi perawatan 'konservatif' alias tanpa operasi.

Dengan cara ini, maka pemulihan mata Marquez juga butuh waktu lama. Alhasil, sang delapan kali juara harus absen dari Seri Algarve dan Valencia, serta uji coba Jerez akhir tahun lalu. Ia bahkan dilarang latihan motor selama tiga bulan, dan baru dapat izin untuk latihan motocross lagi pada Senin (10/1/2022).

1 dari 2 halaman

Diminta Dokter Latihan di Sirkuit Grand Prix

Lewat Autosport, Jumat (14/1/2022), Marquez mengaku ingin ikut uji coba di Sepang. Namun, ia menyebut dr. Dalmau ingin dirinya latihan motor superbike di sirkuit bertaraf Grand Prix terlebih dahulu. Simulasi dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi di trek aspal diharapkan bisa memberi indikasi lebih jelas soal kondisi matanya.

"Saya ingin lebih sering latihan dengan motor dan saya ingin coba di trek-trek Grand Prix, karena saya ingin 100% yakin bahwa saat memulai pramusim, saya sudah bugar dan siap menjalani musim yang normal. Saya sudah mulai berkendara karena saya punya penglihatan sempurna. Namun, saat ini saya ikuti saran dokter," tuturnya.

"Dokter ingin melihat situasi saya di sirkuit Grand Prix, melihat kondisi saya dalam kecepatan tinggi. Saya akan menjalani sehari uji coba dengan banyak lap. Kita lihat nanti apakah saya dapat masalah yang sama jika kelelahan. Jadi, dokter ingin mengevaluasi hal-hal ini sebelum mengizinkan saya pergi ke Malaysia," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Iker Lecuona Akui Tak Dapat Info dari Honda

Pembalap Team HRC WorldSBK, Iker Lecuona (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Team HRC WorldSBK, Iker Lecuona (c) Honda Racing Corporation

Di lain sisi, Lecuona yang merupakan eks rider MotoGP dan kini resmi jadi rider Honda di WorldSBK, belakangan digosipkan bakal jadi pengganti Marquez di uji coba Sepang dan juga Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari. Meski begitu, lewat Crash.net, ia mengaku tak pernah mendapati Honda membicarakan kans ini.

"Saya baca banyak berita, namun dari sisi saya, jujur saja, manajer saya tak pernah bilang apa pun pada saya soal hal ini atau soal mengendarai motor MotoGP. Saya rasa Marc akan tetap turun dalam balapan pertama di Qatar. Jadi, saya tak bisa bilang apa-apa karena saya memang tak tahu apa-apa," ujarnya.

Lecuona sendiri mengalami cedera pada masa liburan musim dingin ini. Ia terjatuh pada hari terakhir uji coba WorldSBK di Jerez, Spanyol, pada Desember. Eks rider Tech 3 KTM ini pun dirundung cedera retak tulang jari kelingking tangan kiri, sehingga ia dilarang mengendarai motor apa pun sampai sekarang.

Sumber: Autosport, Crashnet

KOMENTAR