BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Marc Marquez Latihan di Portimao, Pemulihan Cedera Mata Kian Positif

17-01-2022 08:52 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez saat berlatih dengan RC213V-S di Portimao, Minggu (16/1/2022). (c) Twitter/HRC_MotoGP
Marc Marquez saat berlatih dengan RC213V-S di Portimao, Minggu (16/1/2022). (c) Twitter/HRC_MotoGP

Bola.net - Sesuai saran dokter, Marc Marquez akhirnya melanjutkan metode latihan motor di sirkuit beraspal, yakni Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Minggu (16/1/2022), demi memantau matanya lebih jauh. Seperti yang diketahui, rider Repsol Honda MotoGP ini dirundung diplopia alias penglihatan ganda sejak Oktober 2021.

Cedera ini melanda Marquez usai ia jatuh dalam latihan off-road dengan juara dunia enduro, Josep Garcia. Saraf keempat mata kanannya lumpuh, persis cedera yang ia alami pada 2011 usai kecelakaan hebat di Moto2 Malaysia, yang membuatnya kehilangan gelar. Bedanya, kali ini dokter memutuskan tak melakukan operasi.

Akibat cedera ini, Marquez harus absen dari Seri Algarve dan Valencia, serta melewatkan uji coba pascamusim di Jerez pada akhir tahun lalu. Bahkan delapan kali juara dunia ini sempat dilarang mengendarai motor apa pun selama tiga bulan dan hanya berdiam diri di rumah untuk memulihkan kondisi fisik.

1 dari 2 halaman

Ingin 100% Yakin Sudah Bugar

Marquez pun akhirnya dapat izin dari dokter untuk latihan motocross pada Senin (10/1/2021) lalu. Izin untuk berlatih di Pont Circuit, Lleida, itu didapatkan usai ia merasa matanya sudah mulai mendapatkan penglihatan sempurna. Meski begitu, dr. Sanchez Dalmau ingin bukti lebih jauh dan memintanya berlatih motor superbike.

Dr. Dalmau ingin Marquez pergi ke sirkuit bertaraf Grand Prix, berharap simulasi dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi di trek aspal bisa memberi indikasi lebih jelas soal kondisi matanya. Sirkuit Algarve pun dipilih, dan Marquez berangkat pada Minggu bersama sang adik, Alex Marquez, dan seluruh krunya di Repsol Honda.

"Saya ingin lebih sering latihan motor dan ingin coba di trek Grand Prix. Saya ingin 100% yakin saat memulai pramusim saya sudah bugar dan siap menjalani musim yang normal. Saya mulai berkendara karena saya punya penglihatan sempurna. Namun, saat ini saya ikuti saran dokter," ujar Marquez via Autosport, Jumat (14/1/2022).

2 dari 2 halaman

Pakai Motor RC213V-S

"Dokter ingin lihat situasi saya di sirkuit Grand Prix, lihat kondisi saya dalam kecepatan tinggi. Saya menjalani sehari uji coba dengan banyak lap. Kita lihat nanti apakah saya dapat masalah yang sama jika kelelahan. Dokter ingin mengevaluasi hal-hal ini sebelum mengizinkan saya pergi ke Malaysia," lanjut Marquez.

Meski Repsol Honda belum merilis pernyataan resmi apa pun soal kondisinya usai sesi latihan ini, Marquez mengaku sangat senang akhirnya bisa kembali merasakan sensasi berkendara dengan kecepatan yang sangat tinggi. Apalagi, ia berlatih di atas motor RC213V-S, yakni motor MotoGP Honda versi jalanan.

"Hari ini, kami menjajal RC213V-S di Portimao! Senang rasanya bisa kembali merasakan sensasi kecepatan tinggi!" ungkap rider berusia 28 tahun itu. Sebagai catatan, uji coba pramusim Malaysia di Sirkuit Sepang akan digelar pada 5-6 Februari 2022, lalu dilanjutkan dengan uji coba di Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari 2022.

Sumber: Honda Racing Corporation, Autosport

KOMENTAR