Marc Marquez Lancar Jalani Operasi 3 Jam, Dokter Doakan Kelanjutan Kariernya Sukses

Anindhya Danartikanya | 3 Juni 2022, 14:23
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Honda Racing Corporation (HRC) resmi mengumumkan bahwa pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, telah menjalani operasi yang sukses pada tulang lengan atas (humerus) kanannya di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat, pada Kamis (2/6/2022). Hal ini mereka umumkan pada Jumat (3/6/2022).

Seperti yang diketahui, tulang humerus Marquez patah usai kecelakaan di MotoGP Jerez, Spanyol, pada 2020. Dalam kurun enam bulan, ia harus menjalani tiga operasi sekaligus. Sayang, lengannya tak pernah pulih betul sampai kini, sehingga para dokternya mempertimbangkan operasi keempat di Minnesota.

Kepastian soal operasi ini diinformasikan para dokter kepada Marc pada Jumat (27/5/2022), usai sesi FP1 di Mugello, Italia. Marquez sempat cemas soal operasi ini, namun setelah tahu para dokternya paham betul soal masalah dan solusi nyatanya, ia tak ragu sepakat untuk kembali dioperasi.

1 dari 2 halaman

Diobservasi Selama Beberapa Hari Sebelum Pulang

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Sang delapan kali juara dunia pun bertolak ke Minnesota pada Selasa (31/5/2022), didampingi fisioterapinya dari Clinica Mobile yang selalu menangani cederanya, yakni Carlos J. Garcia. Operasi kemudian digelar pada Kamis (2/6/2022). Dipimpin oleh dr. Joaquin Sanchez Sotelo, operasinya berjalan lancar selama tiga jam.

Marquez kini akan memulai proses pemulihan dan akan tetap berada di Amerika Serikat selama beberapa hari. Langkah ini dilakukan untuk menjamin pemulihan pascaoperasinya berjalan tepat dan cepat, sebelum ia diizinkan kembali ke Spanyol.

Belum diketahui kapan Marquez akan kembali berlaga, namun pembalap berusia 29 tahun itu mengaku takkan buru-buru mengendarai motor. Target utamanya saat ini adalah pulih total untuk menjalani tes pascamusim di Valencia, Spanyol, pada November mendatang. Berikut pernyataan resmi dr. Sanchez Otelo.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi dr. Joaquin Sanchez Sotelo

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Hari ini, kami berkesempatan mengoperasi tulang humerus kanan Tuan Marc Marquez. Prosedurnya dijalankan selama sekitar tiga jam. Meski prosedurnya rumit, hasil akhirnya memuaskan.

"Operasi ini terdiri dari pelepasan dua sekrup proksimal pada plat posterior yang sebelumnya ditanamkan oleh dr. Samuel Antuna pada Desember 2020, disusul dengan osteotomi rotasi humeral. Prosedur ini melibatkan penciptaan potongan melintang pada tulang humerus agar bisa berotasi sesuai porosnya. Besaran rotasi yang dilakukan hari ini sekitar 30 derajat pada rotasi eksternal.

"Humerusnya kini distabilkan dengan posisi baru menggunakan plat anterior dengan beberapa sekrup. Operasi pun diselesaikan tanpa kendala. Kami mendoakan Tuan Marquez pemulihan yang cepat serta kelanjutan yang sukses dalam karier profesionalnya."

Sumber: Honda Racing Corporation

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR