BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marc Marquez Kembali, Stefan Bradl Tetap Siap Siaga di MotoGP Portimao

12-04-2021 11:40 | Anindhya Danartikanya

Test rider Honda, Stefan Bradl (c) HRC Test rider Honda, Stefan Bradl (c) HRC

Bola.net - Test rider Honda Racing Corporation (HRC), Stefan Bradl, mengaku turut senang akhirnya Marc Marquez dipastikan bisa kembali balapan di MotoGP Portimao, Portugal, pada 16-18 April nanti. Namun, kepada Speedweek, Minggu (11/4/2021), rider Jerman ini mengaku akan tetap hadir di sirkuit dan siap siaga jadi pengganti lagi.

Seperti diketahui, usai dirundung cedera patah tulang lengan kanan atas selama 10 bulan dan menjalani tiga operasi, Marquez akhirnya mendapatkan lampu hijau dari tim dokter untuk kembali berkompetisi. Momen ini pun disambut baik oleh Honda, termasuk Bradl, yang telah jadi pengganti Marquez sejak MotoGP Ceko tahun lalu.

"Tentu saya bakal senang jika bisa balapan sekali lagi. Tapi saya tak berangan-angan. Saya ini realis. Saya tahu Marc bakal segera kembali. Saya turut bahagia, dan bersyukur bisa balapan dua kali di Qatar. Awalnya, situasi ini sempat tak jelas. Tapi saya selalu tahu waktunya akan datang ketika Marc kembali ke Honda," ujar Bradl.

1 dari 3 halaman

Tantangan Berat, Hubungan dengan Honda Makin Erat

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bradl pun menyatakan tugasnya jadi pembalap pengganti untuk Marc Marquez selama 14 balapan terakhir memang terasa berat. Pasalnya, selain harus fokus balapan, ia juga harus tetap fokus pula menjalankan perannya sebagai test rider dan menjalani banyak uji coba. Tapi di lain sisi, tantangan ini membuatnya kian dekat dengan Honda.

"Saya sudah berkali-kali balapan untuk Marc, dan ini pengalaman yang menyenangkan sekaligus penuh pelajaran. Kooperasi yang begitu dekat sukses membuat hubungan saya dengan HRC makin baik. Kami juga makin jauh saling kenal. Menggantikan Marc memang tantangan, namun menyenangkan," ujar rider asal Jerman ini.

"Kini kehidupan saya sebagai test rider telah kembali dan pekerjaan saya berubah. Namun, ini bukan hal buruk. Kerja sama antara rasa dan HRC berjalan menakjubkan, dan kini kami akan lebih fokus mengeluarkan potensi terbaik motor dan menjajal banyak perangkat baru," lanjut juara dunia Moto2 2011 ini.

2 dari 3 halaman

Selalu Bawa Baju Balap dan Helm

Meski kembalinya Marquez ini positif bagi Honda, tak dimungkiri Seri Portimao juga adalah 'tes medis' sesungguhnya bagi tubuh rider Repsol Honda itu. Alhasil, Bradl akan tetap hadir dan berjaga-jaga jika Marquez harus mundur dari pekan balap. Bradl pun mengakui hal ini sudah ia lakukan sejak jadi test rider HRC pada 2018.

"Saya selalu bawa baju balap, helm, dan perangkat lainnya ke mana pun saya pergi. Hal macam ini sudah sering terjadi pada masa lalu, contohnya di GP Sachsenring pada 2018. Tapi saya tak mengharapkan hal itu terjadi, karena Marc sudah jelas mempersiapkan diri dengan matang, hingga kembalinya ia nanti takkan gagal," tutupnya.

Selain kembali fokus seutuhnya sebagai test rider HRC, Bradl juga diperkirakan akan kembali menjadi analis MotoGP untuk stasiun televisi Austria, ServusTV.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR