BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marc Marquez Kembali Latihan Fisik Pertama Kali Sejak Operasi Ketiga

21-01-2021 09:21 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Global Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Global

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, akhirnya kembali menjalani latihan untuk pertama kalinya sejak menjalani operasi ketiga pada tulang lengan atas kanannya yang patah pada tengah tahun lalu. Meski belum latihan di atas motor, rider berusia 27 tahun ini mulai latihan fisik di gym.

Seperti diketahui, Marquez mendapatkan cedera patah tulang humerus kanan usai terjatuh keras dalam MotoGP Spanyol di Jerez pada Juli 2020. Dua hari usai kecelakaan, ia menjalani operasi di Hospital Universitari Dexeus, Barcelona, untuk menanamkan plat titanium.

Ia sempat mencoba turun di MotoGP Andalusia beberapa hari setelahnya, namun mundur usai berkendara di sesi latihan ketiga karena lengannya memar dan bengkak. Saat ia hendak berlaga di MotoGP Ceko dua pekan berikutnya, plat titaniumnya saat ia coba membuka jendela rumah.

1 dari 3 halaman

Operasi Ketiga untuk Cangkok Tulang

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com

Insiden domestik itu pun membuat Marquez harus menjalani operasi kedua di Dexeus, namun pemulihannya menjadi jauh lebih rumit meski ia terus menjalani berbagai program rehabilitasi dan latihan fisik di rumah, hingga ia akhirnya harus absen sepanjang musim 2020.

Pada November, Marquez mempertimbangkan operasi ketiga, namun dengan penanganan tim dokter berbeda. Hospital Ruber Internacional, Madrid, ia pilih untuk menjalani operasi cangkok tulang dari pinggulnya, dan dalam pemeriksaannya, lengan Marquez diketahui mengalami infeksi.

Operasi dijalankan pada 3 Desember 2020 dan Marquez dirawat di rumah sakit selama beberapa hari untuk observasi. Ia diperkirakan butuh waktu enam bulan untuk pulih, tapi hasil cek medis pada Kamis (14/1/2021) menunjukkan progres yang positif.

2 dari 3 halaman

Dapat Semangat dari Rider Lain

Honda Racing Corporation pun menyatakan bahwa Marquez masih harus melanjutkan rehabilitasi dengan perlakuan antibiotik spesifik, disertai program pemulihan fungsional yang disesuaikan dengan situasi klinisnya. Namun, kini ia sudah mulai berlatih fisik.

Lewat Instagram pada Rabu (20/1/2021), delapan kali juara dunia ini mengunggah fotonya di dalam gym untuk latihan sepeda indoor, sementara sang adik, Alex Marquez bersenang-senang latihan motocross. Marquez pun mendapatkan semangat dari Scott Redding dan Lorenzo dalla Porta.

"Hari pertama latihan sepeda indoor!" tulis Marquez. Belum diketahui kapan Marquez akan kembali, namun uji coba pramusim MotoGP 2021 akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-Maret mendatang, sementara seri pembuka bakal digelar di trek yang sama pada 26-28 Maret.

Sumber: Instagram/MarcMarquez93

3 dari 3 halaman

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR