Marc Marquez-Joan Mir, Duet Juara MotoGP ke-5 yang Jadi Rekan Setim

Anindhya Danartikanya | 30 Agustus 2022, 16:22
Marc Marquez dan Joan Mir (c) AP Photo
Marc Marquez dan Joan Mir (c) AP Photo

Bola.net - Marc Marquez akhirnya resmi mendapatkan rekan setim baru di MotoGP 2023. Pasalnya, Repsol Honda memutuskan untuk menggaet Joan Mir. Mereka pun menjadi duet juara dunia MotoGP kelima yang pernah menjadi rekan setim.

Mir sudah diduga akan membela Repsol Honda usai Suzuki Ecstar memutuskan hengkang dari MotoGP akhir musim nanti. Masa depan Mir sempat tak menentu, mengingat ia dan Suzuki sebelumnya sempat sepakat melanjutkan kolaborasi.

Mir menjalani negosiasi dengan beberapa tim untuk 2023, tetapi tujuan utamanya adalah Repsol Honda. Apalagi tim tersebut kesulitan meraih hasil baik dengan Pol Espargaro yang bergabung dengan mereka sejak 2021.

Sebelum Marquez dan Mir, sudah ada empat pasang juara dunia MotoGP yang pernah bertandem di tim yang sama. Siapa saja sih mereka? Berikut ulasannya seperti yang disadur dari MotoGP.com pada Selasa (30/8/2022).

1 dari 5 halaman

Casey Stoner dan Nicky Hayden

Casey Stoner dan Nicky Hayden bertandem di Ducati Team MotoGP 2009. (c) Ducati CorseCasey Stoner dan Nicky Hayden bertandem di Ducati Team MotoGP 2009. (c) Ducati Corse

Tim: Ducati Team (2009-2010)

Casey Stoner tercatat meraih gelar dunianya yang pertama di MotoGP pada 2007, yakni bersama Ducati Team. Kala itu, ia bertandem dengan Loris Capirossi. Setahun berikutnya, ia bertandem dengan Marco Melandri.

Sayang, Melandri gagal tampil kompetitif dan memilih mengakhiri kontraknya setahun lebih awal dengan Ducati Team. Sebagai penggantinya, Ducati menggaet Nicky Hayden yang hengkang dari Repsol Honda pada 2009.

Hayden sendiri merupakan juara dunia MotoGP 2006, dan ia meraih gelar tersebut juga bersama Repsol Honda. Stoner dan Hayden pun hanya bertandem selama dua musim, sebelum Stoner pindah ke Repsol Honda pada 2011.

2 dari 5 halaman

Valentino Rossi dan Nicky Hayden

Valentino Rossi dan Nicky Hayden bertandem di Ducati Team MotoGP 2011. (c) Ducati CorseValentino Rossi dan Nicky Hayden bertandem di Ducati Team MotoGP 2011. (c) Ducati Corse

Tim: Repsol Honda (2003) dan Ducati Team (2011-2012)

Setelah Stoner hengkang ke Repsol Honda, Ducati Team secara mengejutkan menggaet Valentino Rossi, yang merupakan ikon Yamaha dan merupakan tujuh kali juara dunia kelas para raja. Ia pun ditandemkan dengan Hayden.

Uniknya, Rossi dan Hayden sudah pernah bertandem, yakni di Repsol Honda pada 2003. Sayangnya, Rossi gagal memenuhi asa Ducati meraih gelar. Selama dua musim, Rossi hanya meraih tiga podium tanpa kemenangan.

Rossi akhirnya kembali ke tim pabrikan Yamaha pada 2013. Hayden sendiri tercatat membela Ducati selama lima tahun, dan juga hanya meraih tiga podium. Rider Amerika Serikat itu akhirnya hengkang ke Aspar Team pada 2014.

3 dari 5 halaman

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (c) Yamaha

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (c) Yamaha

Tim: Yamaha Factory Team (2008-2010, 2013-2016)

Duet Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di tim pabrikan Yamaha tentunya menjadi salah satu duet tertangguh dalam sejarah MotoGP. Tahu bahwa mereka sama-sama kuat, keduanya juga kerap cekcok baik di dalam maupun luar lintasan.

Rossi diketahui membela Yamaha terlebih dahulu, bergabung pada 2004 dan mempersembahkan empat gelar dunia. Lorenzo pun bergabung pada 2008, dan mempersembahkan tiga gelar dunia.

Mereka bertandem dalam dua periode, yang pertama pada 2008-2010, sebelum Rossi pindah ke Ducati Team. Yang kedua pada 2013-2016, setelah Rossi kembali ke Yamaha dan sebelum Lorenzo giliran pindah ke Ducati pada 2017.

4 dari 5 halaman

Marc Marquez dan Jorge Lorenzo

Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC

Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC

Tim: Repsol Honda (2019)

Marc Marquez menjadi debutan sensasional di MotoGP pada 2013. Tak hanya membela Repsol Honda yang merupakan tim paling prestisius di kelas para raja, ia juga langsung menyabet gelar dunia pada tahun pertamanya.

Marquez kemudian menjadi pembalap terbaik Honda sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di GP500/MotoGP. Pasalnya, ia mempersembahkan enam gelar dunia. Terlebih lagi, ia sangat setia pada Repsol Honda, tak pernah berminat pindah tim.

Lorenzo pun bergabung ke Repsol Honda pada 2019 sebagai pengganti Dani Pedrosa. Sayang, ia gagal kompetitif dan dirundung cedera punggung berkepanjangan usai terjatuh di Assen. Lorenzo akhirnya pensiun dan mengakhiri kontraknya setahun lebih awal.

5 dari 5 halaman

Marc Marquez dan Joan Mir

Marc Marquez dan Joan Mir (c) Honda Racing Corporation, Suzuki Racing

Marc Marquez dan Joan Mir (c) Honda Racing Corporation, Suzuki Racing

Tim: Repsol Honda (2023)

Selain tak pernah berpaling ke tim lain, Marc Marquez diketahui telah mengantongi kontrak berdurasi empat tahun yang sudah ditandatangani pada awal 2020, sebelum cedera parah merundung lengan kanannya.

Musim depan, ia pun akan bertandem dengan juara dunia MotoGP 2020 yang saat ini masih membela Suzuki Ecstar, Joan Mir. Dengan begitu, kedua rider Spanyol ini akan mengantongi 10 gelar dunia.

Bagi Mir, membela Repsol Honda juga menjadi ajang reuninya dengan Honda. Pasalnya, mereka pernah menyabet gelar dunia bersama-sama di Moto3 2017, saat Mir masih membela Leopard Racing.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR