BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Marc Marquez: Insiden dengan Brad Binder Memang Salah Saya

31-05-2021 14:48 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dengan besar hati mengakui kesalahannya usai menyenggol Brad Binder dan mengacaukan balapan Franco Morbidelli di MotoGP Italia, yang digelar di Sirkuit Mugello, Minggu (30/5/2021). Dalam balapan ini, Marquez mengalami insiden di Lap 2 dan harus gagal finis kedua kalinya secara beruntun.

Meski lengan dan bahu kanannya masih cedera, Marquez mengaku mengalami kemajuan positif di Mugello, yang uniknya merupakan trek paling menuntut fisik dalam kalender MotoGP. Start dari posisi 11, Marquez mampu naik ke posisi 10 pada lap pembuka. Sayangnya, nasib sial datang merundung pada lap berikutnya.

Marquez bertekad menyalip Binder di jalur dalam Tikungan 3, namun rider Red Bull KTM itu lihai menutup ruang. Keduanya sedikit bertabrakan, dan ban belakang Marquez selip hingga ia terjatuh. Binder melenggang, namun Morbidelli harus melebar ke gravel demi menghindari tabrakan dengan motor Marquez yang terseret.

1 dari 3 halaman

Kini Bisa 'Menyerang', Tak Sekadar 'Bertahan'

"Saya menyenggol Brad. Itu insiden balap, tapi jika ada orang yang harus disalahkan, maka itu saya. Saya datang dari belakang, coba menyalip di Tikungan 2. Di chicane itu, beberapa rider jatuh dengan cara yang sama. Brad menutup ruang di depan saya, dan sayang saya terjatuh. Senggolan itu insiden balap, namun ini salah saya," ujar Marquez.

Meski hanya menjalani satu lap dalam balapan ini, delapan kali juara dunia ini merasa akhir pekannya di Mugello menghasilkan progres positif. Kini ia sudah mampu berusaha menyalip rider di depannya, tak lagi sekadar susah payah mempertahankan posisi. Ia pun senang balapan berikutnya hanya berjarak sepekan.

"Saya mampu mempertahankan sensasi sejak sesi pemanasan. Dalam balapan, itulah lap pertama di mana saya bisa 'menyerang' ketimbang 'mempertahankan' diri. Kami dapat kemajuan, saya memahami beberapa hal. Untungnya, pekan depan kami balapan lagi dan bisa mengulang dari awal, karena saya tak melengkapi 23 lap di Mugello," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Pastikan Turun di MotoGP Catalunya

Pembalap 28 tahun ini mengonfirmasi dirinya akan tetap turun lintasan di Seri Catalunya, Montmelo, Spanyol, pada 4-6 Juni mendatang, menyusul pernyataannya bahwa ia sempat mempertimbangkan absen lagi usai balapan di Jerez. Mengingat ia gagal finis di Mugello, ia pun yakin bakal punya fisik lebih kuat di Catalunya nanti.

"Kita lihat nanti apakah kami bisa melanjutkan kerja baik ini. Saya bisa mengonfirmasi bahwa saya akan balapan di Barcelona, bahkan mungkin bisa lebih kuat karena bisa dibilang saya tak ikut balapan di Mugello. Kecelakaan saya adalah kecelakaan kecil. Memang bukan hari yang baik, tapi saya akan bersaing lebih kuat di Montmelo," tutupnya.

Dengan hasil ini, Marquez pun duduk di peringkat 17 pada klasemen pembalap dengan koleksi 16 poin, unggul satu poin dari sembilan kali juara dunia yang membela Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, di peringkat 18.

Sumber: DAZN, MotosanGP

3 dari 3 halaman

Video: Ketika Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Tukar Kendaraan Balap

KOMENTAR