BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marc Marquez Gugup Jelang MotoGP Portimao, Takkan Langsung Kembali Seperti Dulu

16-04-2021 08:38 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan krunya di Repsol Honda (c) Twitter/Repsol Honda Marc Marquez dan krunya di Repsol Honda (c) Twitter/Repsol Honda

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, sangat gugup menjelang balapan pertamanya usai sembilan bulan tak menyentuh motor MotoGP sekalipun akibat cedera patah tulang humerus kanan. Namun, ia bersemangat untuk kembali bersenang-senang. Hal ini ia sampaikan dalam jumpa pers Seri Portimao, Portugal, Kamis (15/4/2021).

Usai bergelut dengan cedera, menjalani tiga operasi, Marquez baru menjalani tiga sesi latihan di atas motor, yakni dengan minibike di Sirkuit Alcarras, dan dengan RC213V-S di Sirkuit Barcelona-Catalunya dan Sirkuit Portimao. Alhasil, pekan balap kali ini jadi momen perdana Marquez naik RC213V lagi usai waktu yang sangat lama.

"Besok waktunya ambil langkah paling penting dalam rehabilitasi saya, yakni kembali naik motor MotoGP. Saya gugup, seolah ada kupu-kupu di dalam perut saya, dan ini tidak normal bagi saya. Namun, saya tahu, usai FP1, rasa ini akan hilang, dan ini saatnya kembali menikmati momen naik motor lagi," ujarnya seperti yang dikutip Crash.net.

1 dari 3 halaman

Prioritaskan Kondisi Fisik dan Mental

Marquez pun menyatakan proses pemulihannya belum usai, jadi dirinya masih harus hati-hati dalam berkendara. Atas alasan inilah ia juga menyatakan takkan langsung kembali seperti dirinya yang dulu. Ia masih merasa harus mengevaluasi kondisi fisiknya, begitu juga kondisi mentalnya.

"Saya takkan jadi Marc yang sama di FP1 nanti. Saya butuh waktu, karena saya masih dalam proses rehabilitasi. Ada dua hal penting yang harus perhatikan, yakni fisik dan mental. Namun, saya sangat senang bisa berada di sini dan kembali mengendarai motor saya," lanjut delapan kali juara dunia ini.

Marquez juga menjelaskan alasan dirinya batal kembali di Seri Qatar dan Doha. Ia mengaku sudah siap berkompetisi, namun dokter masih melarangnya. Namun, kini ia merasa sangat bahagia bisa beraktivitas dengan normal seperti sediakala, karena sempat takut lengannya takkan pernah sembuh dan harus pensiun dini.

2 dari 3 halaman

Sempat Ragu Bisa Sembuh

"Sungguh sulit rasanya ambil keputusan tak balapan di Qatar 1 dan Qatar 2, karena saya merasa siap. Tapi ternyata tak 100%, jadi dokter menghentikan saya dan tentu saya mengikuti saran mereka. Namun, tak diragukan lagi ini sembilan bulan yang berat," ungkap pembalap Spanyol berusia 28 tahun ini.

"Saya punya keraguan bisa berkendara lagi, dan saya juga ragu bakal punya lengan yang normal lagi. Tapi saya selalu optimistis, dan ini adalah kuncinya. Orang-orang di sekitar saya juga membantu motivasi saya tetap ada, dan saya punya target untuk naik motor lagi," pungkas Marquez.

Menjelang MotoGP Portimao, Johann Zarco dari Pramac Racing tengah memimpin klasemen pembalap dengan koleksi 40 poin. Rider Honda terbaik saat ini adalah Pol Espargaro, tandem anyar Marquez, yang duduk di peringkat 10 dan mengoleksi 11 poin.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR