BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marc Marquez Dedikasikan Triple Crown untuk Jorge Lorenzo

18-11-2019 08:55 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC

Bola.net - Usai memenangi MotoGP Valencia, Spanyol, pada Minggu (17/11/2019), Marc Marquez menutup musim dengan 12 kemenangan. Ia juga membantu Repsol Honda meraih gelar dunia tim. Berarti, Honda Racing Corporation (HRC) sukses menyabet gelar Triple Crown, mengingat gelar pebalap dan konstruktor sudah di tangan.

Musim 2019 terbukti sebagai musim terbaik Marquez sejak debutnya di Grand Prix pada 2008. Dari 19 seri yang ada, ia meraih 18 podium, yang 12 di antaranya adalah kemenangan. Satu-satunya hasil buruk adalah gagal finis di Austin, itu pun terjadi saat ia memimpin balapan dengan keunggulan 3,5 detik.

"Ini musim terbaik dalam karier saya, jelas statistik bicara dengan sendirinya. Kami membuktikan potensi dan ini musim sempurna, karena sulit memperbaikinya. Kami mengakhiri musim dengan cara terbaik, yakni menang dan merebut gelar dunia tim karena Repsol Honda layak mendapatkannya," ujarnya via Crash.net.

1 dari 2 halaman

Honda Bantu Jaga Mentalitas

Marquez menyadari bahwa dominasinya musim ini takkan bisa terjadi tanpa bantuan dari kru Repsol Honda dan HRC, baik dukungan teknis maupun moral. Menurutnya, memiliki dominasi seperti ini tidaklah mudah, karena ia bisa cenderung santai dan meremehkan situasi. Honda lah yang selama ini menguatkan mentalitasnya.

"Kini orang terlalu terbiasa melihat hasil saya. Yang normal adalah meraih 6-7 kemenangan dalam semusim. Kini para rival menunggu dan melihat di mana saya akan melakukan kesalahan, tapi saya bangga pada tim dan orang-orang di sekeliling saya, yang membantu saya menjaga mentalitas," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Tribut untuk Jorge Lorenzo

Marquez juga meyakini bahwa kesuksesan HRC di Valencia merupakan tribut yang layak untuk sang tandem, Jorge Lorenzo, yang memutuskan pensiun akhir musim ini akibat cedera punggung berkepanjangan. Lorenzo sendiri finis di posisi 13, hasil terbaiknya sejak kecelakaan di Catalunya dan Assen.

"Ini cara terbaik pula untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Jorge, karena pada akhirnya, Jorge ada dalam pikiran saya. Bagi semua orang, Jorge adalah lima kali juara dunia. Kami pun akan merayakannya bersama dan ini membuat saya sangat bahagia," ungkap delapan kali juara dunia ini," tutupnya.

Marquez akan kembali turun lintasan dalam uji coba pascamusim pertama yang juga akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo pada 19-20 November.

KOMENTAR

Maria Ozawa Dukung Timnas Indonesia U-22 Saat Hadapi Thailand