BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marc Marquez: Cedera Ini Berperang dengan Kepercayaan Diri Saya

09-03-2021 10:40 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengakui cedera patah tulang lengan yang ia alami sejak Juli 2020 tak hanya memengaruhi fisiknya, melainkan juga mentalitasnya. Namun, delapan kali juara dunia ini terus berjuang agar ia bisa pulih total, dan kembali balapan, yakni olahraga yang sangat ia cintai.

Akibat cedera ini, Marquez harus menjalani tiga operasi. Operasi kedua dibutuhkan karena plat titaniumnya sempat patah, sementara operasi ketiga dibutuhkan karena tulangnya sempat mengalami infeksi dan juga harus mendapatkan cangkok tulang. Namun, progres pemulihannya kini terus berjalan baik.

Namun, tentunya belum diketahui kapan Marquez bisa kembali, karena sudah delapan bulan lamanya ia tak pernah latihan motor. Ia pun mengharapkan aksi 'comeback' yang baik suatu saat nanti, namun tak memungkiri bahwa kemenangan bukanlah target realistis. Ia mengaku hanya ingin kembali bersenang-senang.

1 dari 3 halaman

Cuma Ingin Bersenang-senang Lagi

"Soal mentalitas, tentu saya membayangkan 'comeback' dengan cara terbaik. Tapi ini tak berarti kembali dan langsung menang lagi, melainkan kembali naik motor MotoGP seperti dulu dan coba menikmatinya. Saya juga ingin kembali ke level saya yang dulu, dengan gaya balap yang sama," ujarnya via MotoGP.com, Senin (8/3/2021).

"Namun, ini akan jadi sebuah proses. Soal lama atau tidak, itulah yang masih harus kami lihat. Tapi saya merasa makin baik, dan ini adalah yang terpenting. Kini di gym, saya merasa lengan kanan saya makin kuat seperti yang kiri. Saya pun tak sabar kembali berkendara," lanjut pembalap berusia 28 tahun ini.

Marquez juga lega kini lengan kanannya sudah berfungsi seperti sediakala, walau kekuatannya di atas motor masih harus diuji. Ia pun tak malu-malu mengakui bahwa tekadnya untuk pulih tidaklah mudah, karena ia tak hanya harus memulihkan fisik, melainkan juga wajib mengembalikan mentalitas dan kepercayaan dirinya.

2 dari 3 halaman

Lebih Bertenaga, Lengan Tidak Lagi Sakit

"Lengan kanan saya kini semakin terasa seperti lengan yang normal. Sebulan lalu, rasanya sangat sulit untuk mandi, membuka pintu, atau makan dengan lengan kanan. Rasanya ini seperti pertarungan mental, karena cedera ini seolah sedang berperang dengan rasa percaya diri saya," kisah Marquez.

"Saya lama tak menggunakan lengan kanan. Prosedur ini tidaklah mudah karena ini pertama kali saya merasakan hal macam ini dalam hidup. Tapi secara bertahap lengan saya terus membaik, kini saya bisa mandi lebih mudah, bisa latihan di gym, lebih bertenaga, dan tak terlalu sakit lagi," pungkasnya.

Selagi Marquez masih menanti lampu hijau dari dokter soal aksi 'comeback' di MotoGP, Repsol Honda turun lintasan bersama Pol Espargaro dan sang test rider, Stefan Bradl. Saat ini, keduanya sedang di Qatar untuk menjalani uji coba pramusim.

Sumber: MotoGP, Box Repsol

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Jatuhkan Diri dalam Kecepatan Tinggi di MotoGP Styria

KOMENTAR