BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Marc Marquez Akhirnya Temukan Kelemahan Honda dalam MotoGP Jerez

06-05-2021 15:00 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, boleh jadi belum mencapai kondisi fisik terbaiknya usai dirundung cedera lengan selama sembilan bulan. Namun, hal ini tak membuatnya berhenti mempelajari situasi di lintasan dan melihat kelemahan apa saja yang harus diperbaiki para insinyur Honda pada motor RC213V miliknya.

Seperti diketahui, Honda belum juga menang sejak Seri Valencia 2019. Selama setahun terakhir, bahkan Honda hanya meraih dua podium, lewat Alex Marquez pada 2020. Saat Marquez kembali berkompetisi, ia pun mendapati RC213V teranyar sudah sangat berbeda dari yang ia kendarai pada awal 2020 lalu, yakni sebelum ia cedera.

Dalam balapan di Jerez, Spanyol, Minggu (2/5/2021), Marquez hanya finis kesembilan, namun ia memanfaatkan kesempatan membuntuti sang tandem, Pol Espargaro, dan test rider Honda, Stefan Bradl. Ia bahkan sempat membandingkan performa Honda dengan motor Ducati milik rider Pramac Racing, Johann Zarco.

1 dari 3 halaman

Lemah di Tengah Tikungan

Marquez pun mengakui menyatakan kecepatan RC213V cukup tertinggal di tengah tikungan. "Saya sempat membuntuti Stefan dan Pol, serta mengikuti Johann beberapa lap. Sektor di mana kami lebih tertinggal adalah di tengah tikungan," ungkap delapan kali juara dunia ini lewat Autosport, Rabu (5/5/2021).

"Itu di mana biasanya Anda ingin berkendara cepat dan konsisten, di mana Anda harus kuat. Di situlah kami tertinggal. Jadi, kami harus memahami penyebabnya. Kini kami sedang menganalisa semuanya. Bagi saya, kunci pada pekan balap kali ini adalah kemajuan besar pada kondisi fisik saya dibanding Portimao," ungkapnya.

Sayang, Marquez tak bisa melanjutkan pengamatannya ini dalam uji coba pascabalap di trek yang sama pada Senin (3/5/2021). Kondisi fisiknya yang belum optimal membuatnya terpaksa hanya menjalani tujuh lap. Meski lengannya terus membaik, ia mengaku kecelakaan hebat di sesi FP3 pada Sabtu (1/5/2021) cukup memengaruhi.

2 dari 3 halaman

Tubuh Marc Marquez 'Terkunci'

"Saya tak menjalani uji coba. Hanya turun sekali run, dan pada run kedua saya merasakan sesuatu. Tubuh saya 'terkunci', terutama leher dan bahu kanan. Cukup mirip dengan Portimao, namun lebih baik. Di Portimao, saya sangat menderita, dan pada hari Senin, tubuh saya benar-benar terkunci. Namun, di Jerez saya merasa lebih baik," tuturnya.

"Memang benar kecelakaan pada Sabtu tak bikin situasi saya lebih baik, namun itu karena saya berusaha, karena saya pikir bakal baik-baik saja jika tubuh saya sudah melewati pemanasan. Namun, kemudian saya lihat level saya tidak baik untuk berkendara dan menjajal perangkat-perangkat baru," pungkasnya.

Saat ini, Marquez berada di peringkat 15 pada klasemen pembalap dengan koleksi 16 poin. Ia akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Prancis yang akan digelar di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang.

Sumber: Autosport

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR