BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mandalika Racing Team Indonesia Batal Launching di Kemenpora

28-10-2020 12:28 | Anindhya Danartikanya

Logo Mandalika Racing Team (c) Instagram/MandalikaRacingTeamIndonesia Logo Mandalika Racing Team (c) Instagram/MandalikaRacingTeamIndonesia

Bola.net - Mandalika Racing Team (MRT) Indonesia, yang dikabarkan berencana untuk turun di Moto2 pada 2021 mendatang, sempat dikabarkan ingin melakukan peluncuran atau launching di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tepat pada Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020). Namun, rencana itu kini batal total.

Pada Selasa (27/10/2020), seperti yang dilansir oleh Bola.com, pihak Kemenpora diketahui tak memberikan izin untuk MRT Indonesia melakukan peluncuran di kantor yang diketuai Zainudin Amali tersebut. Ada pun empat alasan mengapa Kemenpora tak memberikan izin kepada mereka.

Pertama, Kemenpora harus menjelaskan lagi kepada masyarakat umum, bahwa leading sector persiapan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Atas alasan ini, Kemenpora tak ingin melampaui yang menjadi kewenangan Kemenparekraf.

1 dari 3 halaman

Minta MRT Indonesia Koordinasi dengan IMI

View this post on Instagram

A post shared by Mandalika Racing Team (MRT) (@mandalikaracingteamindonesia) on

Kedua, Kemenpora sebagai penanggung jawab bidang keolahragaan membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi dan membentuk tim untuk MotoGP 2021 di Mandalika. Namun, mereka harus berkoordinasi dengan pihak Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku induk organisasi cabang olahraga bermotor baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia.

Ketiga, yang memiliki kewenangan dan memberikan lisensi bagi penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Dorna Sports sebagai pemilik penuh semua hak komersial dan penyiaran event tersebut.

Keempat, sebagaimana berlaku pada koordinasi dengan cabang-cabang olahraga lainnya, maka Kemenpora hanya melakukan koordinasi tidak dengan pribadi dan atau klub olahraganya, melainkan dengan induk organisasi cabang olahraga. Sehingga dalam hal terkait dengan kesiapan pembalap ini adalah langsung dengan IMI.

2 dari 3 halaman

Tak Keberatan Jika Digelar di Tempat Lain

Melalui keterangan pers ini, Kemenpora juga meluruskan informasi di berbagai media, bahwa mereka sudah menyetujui rencana penyelenggaraan jumpa pers oleh Mandalika Racing Team Indonesia pada tanggal 28 Oktober 2020 di gedung dan atau halaman Kemenpora.

"Memang benar, bahwasanya pada tanggal 27 Oktober 2020 Sesmenpora telah kedatangan Mandalika Racing Team Indonesia, yang berkeinginan menyampaikan rencana jumpa pers tersebut," tulis keterangan dari Kemenpora.

"Setelah dikonfirmasi ke beberapa pihak, ternyata beberapa hal yang terkait dengan butir-butir tersebut di atas belum sepenuhnya terpenuhi. Sehingga Kemenpora belum dapat mengizinkan adanya penyelenggaraan jumpa pers pada tanggal 28 Oktober 2020 di Kemenpora."

"Seandainya jumpa pers tersebut akan diadakan di tempat lain, Kemenpora tidak keberatan. Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Zainudin Amali) tidak teragendakan untuk menghadiri acara tersebut, karena pada tanggal tersebut sepenuhnya merupakan puncak kegiatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 yang sudah cukup lama teragendakan," tutup keterangan itu.

Disadur dari: Bolacom (Hendry Wibowo) | Dipublikasi: 27 Oktober 2020

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR