BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Manajer Fernando Alonso Minta Valentino Rossi Pensiun: Dia Bukan Zlatan Ibrahimovic

17-12-2020 09:56 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi (c) Yamaha Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Manajer pembalap Formula 1 Fernando Alonso, Flavio Briatore, meminta Valentino Rossi untuk segera pensiun dari MotoGP, mengingat usianya akan mencapai 42 tahun pada Februari 2021 dan dunia balap motor merupakan olahraga yang berbahaya. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Radio Radio.

Rossi yang merupakan sembilan kali juara dunia, memang diketahui masih akan tetap balapan musim depan, membela Petronas Yamaha SRT. Meski belum menang lagi sejak Seri Belanda pada 2017, Rossi tetap terikat kontrak dengan Yamaha dan akan mendapatkan YZR-M1 spek pabrikan terbaru.

Uniknya, pernyataan Briatore ini seiring dengan kehebohan yang diciptakan Alonso. Juara dunia 2005 dan 2006 tersebut, yang kini telah menginjak usia 39 tahun, resmi bakal kembali berkompetisi di F1 bersama Alpine F1 Team (nama baru Renault F1 Team) pada 2021 mendatang.

1 dari 3 halaman

Usia Pasti Bakal Berpengaruh

Fernando Alonso (c) AFP Fernando Alonso (c) AFP

Alonso sendiri sempat mengundurkan diri dari F1 pada akhir 2018, lebih memilih berkompetisi di Indy Car, Reli Dakar, dan 24 Hours of Le Mans. Belakangan, menyusul resminya ia kembali ke F1, pembalap Spanyol ini juga menuai kritik karena diizinkan menjalani uji coba pascamusim untuk para pembalap muda di Abu Dhabi.

Namun, Briatore meyakini bahwa kasus Rossi dan Alonso jauh berbeda. Menurut pria asal Italia ini, olahraga yang digeluti Rossi jauh lebih berbahaya, dan makin berbahaya lagi jika usianya tak lagi muda, apalagi jika sang rider tak punya motivasi yang tepat dalam berkompetisi.

"Saya sarankan Vale berhenti. Kami ingin mengingatnya sebagai juara yang hebat. Ada kalanya usia berpengaruh. Ia rider yang hebat, memenangkan segalanya, tapi akan datang harinya saat Anda tak bisa lanjut. Tahun-tahun berlalu, dan Anda tak lagi punya motivasi yang tepat," ujar Briatore seperti yang dikutip GPOne, Rabu (16/12/2020).

2 dari 3 halaman

MotoGP Beda dengan Sepak Bola

Zlatan Ibrahimovic (c) AP Photo Zlatan Ibrahimovic (c) AP Photo

Briatore juga mengkaitkan Rossi dengan pemain klub AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, yang juga telah menginjak usia 39 tahun pada Oktober lalu. Menurut Briatore, Ibrahimovic sah-sah saja berlaga di lapangan dengan usia yang tak lagi muda, mengingat sepak bola tak terlalu berbahaya ketimbang balap motor.

"Dalam usia 39 tahun, Ibrahimovic masih pemain yang kompetitif di AC Milan. Ia adalah kasus yang spesial. Ia mendedikasikan seluruh hidupnya pada olahraga, dan tak pernah gagal. Tapi main sepak bola beda dengan melaju di atas motor dengan 300 km/jam, selip di tikungan, dan kecelakaan. Pemain sepak bola, beda dengan pembalap motor," pungkasnya.

Rossi sendiri diketahui hanya memiliki kontrak setahun dengan Yamaha untuk turun bersama Petronas Yamaha SRT. The Doctor pun mengaku akan kembali merenungkan opsi pensiun pada musim panas 2021 mendatang.

Sumber: Radio Radio, GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Ikut Jejak Ayah, Mick Schumacher Turun di Formula 1 2021

KOMENTAR