BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Luca Marini: MotoGP 2021 Bukan Saatnya Sok-sokan Tentukan Target

19-03-2021 12:14 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Esponsorama Racing Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Esponsorama Racing

Bola.net - Pembalap Esponsorama Racing - Sky Racing VR46, Luca Marini, meyakini bahwa dirinya punya banyak tugas menumpuk dalam musim debutnya di MotoGP 2021. Atas alasan inilah ia tak mau sok-sokan menentukan target yang harus digapai. Hal ini ia sampaikan kepada Crash.net, Kamis (18/3/2021) usai menjalani uji coba pramusim di Qatar.

Marini memang salah satu rider yang performanya diantisipasi musim ini. Pasalnya, ia merupakan adik Valentino Rossi dan juga merupakan runner up Moto2. Dalam uji coba, hasilnya pun tak mencolok, hanya duduk di posisi 21 dalam daftar kombinasi catatan waktu. Marini pun sadar betul proses belajarnya masih panjang.

Atas alasan inilah, Marini ogah mematok target muluk, terutama soal hasil balap nanti. Ia menyatakan, yang terpenting saat ini adalah mencari cara agar makin nyaman di atas Ducati. Dibanding Jorge Martin dan Enea Bastianini, Marini memang lebih kesulitan adaptasi karena tubuhnya yang tinggi butuh ergonomi motor yang rumit.

1 dari 3 halaman

Nantikan Sesi Latihan Perdana

"Saya tak mematok target apa pun, karena menurut saya ini bukan saat yang tepat untuk melakukannya. Saya hanya ingin mereka lebih nyaman di atas motor, namun jelas kami akan mencoba sesuatu pada Jumat (sesi latihan). Jika saya nyaman, saya bakal senang atas kinerja kami dalam masa pramusim," ungkap pembalap berusia 23 tahun ini.

Tak mau pusing soal hasil uji coba di Qatar, satu-satunya hal yang Marini sayangkan hanyalah badai pasir yang melanda Sirkuit Losail pada hari terakhir uji coba. Akibat cuaca ini, banyak rider tak bisa menjalani simulasi balap, dan Marini sendiri kehilangan kesempatan untuk latihan time attack untuk lap tunggal.

"Kami sudah bekerja sangat baik. Kami menjajal banyak hal berbeda. Sayangnya, kami kehilangan beberapa kilometer demi memperbaiki situasi. Semua orang juga mengalami hal yang sama, namun tentu saya ingin punya lebih banyak waktu untuk berkendara. Namun, saya cukup puas atas kinerja kami," ujar rider berjuluk 'Marinovich' ini.

2 dari 3 halaman

Makin Pahami Motor dan Ban

Marini pun tetap puas atas kinerja dirinya dan tim selama uji coba. Ia telah menjajal berbagai perangkat motor yang disediakan Ducati, dan semakin memahami gaya balap apa yang cocok untuk mengendalikan Desmosedici GP19 yang dikenal sangat bertenaga. Ia juga mulai memahami cara kerja ban Michelin.

"Saya bisa memahami banyak hal baru, terutama gaya balap MotoGP, begitu juga bannya. Jika bisa menyesuaikan motor kami lebih baik pada Jumat, saya bisa tampil baik pada sesi kualifikasi, walau dalam uji coba saya tak terlalu ngotot melakukan time attack. Kita lihat saja nanti ritme saya di situasi yang sama bagi semua orang," tutupnya.

Marini akan kembali turun lintasan dalam dua pekan balap beruntun di Sirkuit Losail, yakni MotoGP Qatar pada 26-28 Maret dan MotoGP Doha pada 2-4 April. Marini dan Rossi pun akan jadi kakak-adik ketiga yang ada di grid, setelah Aleix dan Pol Espargaro, serta Marc dan Alex Marquez.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR