BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Luca Marini, Jadi Naik ke MotoGP 2021 atau Tunda ke 2022?

02-11-2020 12:05 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) AP Photo Pembalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) AP Photo

Bola.net - CEO VR46, Alberto Tebaldi, mengaku masa depan Luca Marini akan ditentukan dalam waktu dekat. Namun, ia mengaku rider Sky Racing VR46 tersebut hanya punya dua opsi, yakni bertahan setahun lagi di Moto2, atau naik ke MotoGP pada 2021 seperti gosip yang beredar selama dua bulan terakhir.

Kabar Marini akan naik kelas sudah beredar sejak Johann Zarco mulai digosipkan bakal hengkang dari Esponsorama Racing menuju tim Ducati lainnya. Marini dikabarkan merapat ke tim asal Spanyol yang bermarkas di Andorra tersebut untuk bertandem dengan Enea Bastianini, walau Tito Rabat masih terikat kontrak.

Demi bisa mengambil alih tempat Rabat, VR46 pun berusaha merayu Esponsorama untuk bekerja sama. Namun, negosiasi berjalan alot karena Esponsorama ogah melepas Rabat yang mereka nilai berharga untuk sektor finansial mereka. Kepada GPOne, Tebaldi pun mengakui bahwa ini adalah hal yang sedang pihaknya upayakan.

1 dari 3 halaman

Puas Lihat Perkembangan Luca Marini

"Menurunkan tim di MotoGP merupakan hal yang mungkin bisa kami lakukan pada 2022, tapi ini tergantung banyak faktor. Di lain sisi, dalam sepekan atau 10 hari lagi, kita akan tahu apakah Luca bakal ke MotoGP tahun depan atau setahun setelahnya. Jelas kami ingin ia naik kelas, dan ia pasti juga ingin," ujar 'Albi', Jumat (30/10/2020).

Tebaldi pun menyatakan bahwa Marini juga telah menunjukkan level performa yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dan telah membuktikan bahwa ia layak naik ke MotoGP. Buktinya, ia kini merupakan salah satu dari tiga kandidat juara dunia Moto2. Tebaldi pun mengaku kagum.

"Saya puas lihat level performa yang sudah ia raih. Belakangan, saya sudah lihat betapa kerasnya Luca bekerja, caranya menghadapi tantangan, dan seberapa besar rasa cintanya pada balap motor. Ia salah satu orang yang sangat saya hormati dan kagumi. Ia bahkan mampu tampil baik dalam kesulitan," ungkap Tebaldi.

2 dari 3 halaman

Takkan Pernah Puas Bantu Rider Muda

Melihat Marini yang berpotensi menyusul anggota VR46 Riders Academy lainnya, Franco Morbidelli dan Pecco Bagnaia, ke MotoGP, Tebaldi pun menyatakan pihaknya takkan berpuas diri. Ia yakin perjuangan VR46 membantu rider muda takkan ada habisnya.

"Saya takkan pernah puas, karena kami harus tetap bekerja. Anda bisa saja mencoba bekerja lebih baik dari lainnya, memahami cara untuk melaju cepat, tapi bekerja lebih keras jauh lebih sulit. Anda harus memperhatikan segalanya," pungkas Tebaldi.

Marini akan kembali turun lintasan dalam pekan balap MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 6-8 November 2020. Saat ini, ia tengah duduk di peringkat ketiga pada klasemen pembalap dengan 155 poin, tertinggal 23 poin dari Sam Lowes yang ada di puncak.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: MotoGP 2020 Takkan Mampir Negara Non-Eropa

KOMENTAR