BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lorenzo Savadori Bela Aprilia di Sisa MotoGP 2020, Gantikan Bradley Smith

28-10-2020 08:38 | Anindhya Danartikanya

Test rider Aprilia Racing, Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing Test rider Aprilia Racing, Lorenzo Savadori (c) Aprilia Racing

Bola.net - Kabar mengejutkan datang dari Aprilia Racing. Sang test rider kedua, Lorenzo Savadori, diminta menggantikan Bradley Smith, yang sepanjang MotoGP 2020 menjadi pengganti sementara Andrea Iannone. Hal ini diumumkan oleh pabrikan asal Noale, Italia, itu pada Selasa (27/10/2020).

Smith telah menjabat sebagai test rider utama Aprilia sejak 2019, dan karena Iannone tersandung kasus doping dan tengah dijatuhi larangan balap selama 18 bulan, rider asal Inggris itu menggantikannya di arena balap. Anehnya, kini Smith akan digantikan Savadori di tiga seri terakhir.

Tiga seri tersebut adalah MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 6-8 November, MotoGP Valencia di trek yang sama pada 13-15 November, serta MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao pada 20-22 November mendatang.

1 dari 4 halaman

Akankah Bradley Smith Dipertahankan?

Test rider Aprilia Racing, Bradley Smith (c) Aprilia Racing Test rider Aprilia Racing, Bradley Smith (c) Aprilia Racing

Dalam rilis resminya, Aprilia tak menjelaskan mengapa mereka menarik Smith, dan juga tak memberikan alasan jelas mengapa tiba-tiba ingin menurunkan Savadori. Namun, kesempatan ini diduga sebagai 'hadiah' usai 'Sava' sukses menjuarai CIV Superbike 2020 bersama Nuova M2 Racing di atas Aprilia RSV4.

Dalam pernyataannya, CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola pun mengucapkan terima kasih kepada Smith atas kerja kerasnya musim ini, walau tak menjelaskan apakah runner up GP125 2009 itu kembali ditugaskan menjadi test rider. Di lain sisi, ia justru memastikan Savadori akan tetap jadi test rider mereka pada 2021.

Berikut pernyataan resmi Massimo Rivola dan Lorenzo Savadori.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola

CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola (c) MotoGP.com CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola (c) MotoGP.com

"Untuk yang pertama dan yang terpenting, saya berterima kasih kepada Bradley atas kerja kerasnya musim ini. Ia mengambil alih sebuah jabatan yang tak terduga sebagai pembalap pabrikan dengan hati besar dan performa menakjubkan, dan kontribusinya sungguh-sungguh berharga.

"Kini kami sangat bersemangat menanti debut Lorenzo. Promosi ini jelas imbalan atas musimnya yang hebat sebagai pembalap CIV, mendominasi kategori superbike. Tapi ini juga langkah maju untuk perkembangan pembalap yang juga akan jadi test rider kami pada 2021. Berkendara untuk proyek kami dalam balapan jelas akan menjadi kemajuan bagi Lorenzo dan Aprilia Racing."

3 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi Lorenzo Savadori

"Saya merasa sangat senang dan saya berterima kasih kepada Aprilia Racing atas kesempatan hebat ini. Saya akan tiba dengan persiapan matang untuk pekan balap (di Valencia), berkat kerja keras yang kami lakukan dalam uji coba dengan RS-GP dan baru berakhirnya musim CIV.

"Kejuaraan CIV sangatlah menantang dan membutuhkan performa yang baik dan konsentrasi maksimal dari saya. Kini saya harus mengatur ulang mentalitas saya, menjadikan semua kilometer yang saya tempuh bersama RS-GP sebagai pengalaman, dan memastikan saya siap serta fokus untuk sesi latihan pertama."

Sumber: Aprilia Racing

4 dari 4 halaman

Video: Kembali Bergulir, MotoGP 2020 Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

KOMENTAR