BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Lorenzo Putuskan Pergi ke Honda Bahkan Sebelum Didepak Ducati'

23-07-2019 08:55 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menyatakan Jorge Lorenzo telah menandatangani kontrak dengan Repsol Honda musim lalu bahkan sebelum Ducati memberitahu keputusan mereka untuk menggaet Danilo Petrucci. Hal ini Ciabatti sampaikan dalam wawancaranya dengan Motorlunews.

Keretakan hubungan antara Ducati dan Lorenzo memang menjadi topik panas pada paruh pertama MotoGP 2018. Kabar ini pun mulai menyeruak di pekan balap Le Mans, Prancis, hanya dua pekan sebelum Lorenzo sukses meraih kemenangan perdananya di atas Desmosedici di Mugello, Italia.

Hanya sehari setelah kemenangan itu, kedua belah pihak akhirnya merilis pengumuman resmi soal perpisahan mereka pada musim 2019, di mana Ducati menggaet Petrucci, sementara Lorenzo benar-benar hijrah ke Repsol Honda.

Hengkangnya Lorenzo tadinya diyakini akibat pernyataan CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali, yang menyebut Lorenzo sebagai seorang juara dunia yang tak mampu memanfaatkan potensi Desmosedici. Meski begitu, baru-baru ini Ciabatti justru membeberkan situasi berbeda.

1 dari 2 halaman

Berbagai Situasi Terjadi Bersamaan

Ciabatti menyatakan bahwa Lorenzo justru telah menandatangani kontrak dengan Repsol Honda bahkan sebelum Ducati berniat memberitahukan niat mereka untuk mengakhiri kerja sama.

"Berbagai situasi terjadi secara bersamaan. Jorge memutuskan tanda tangan kontrak dengan Honda sebelum kami memberitahu keputusan kami padanya, karena mungkin ia merasa tak punya peluang bertahan di Ducati," ungkapnya.

Meski begitu, Ciabatti tak membantah bahwa pihaknya sudah bicara dengan Petrucci beberapa pekan sebelum mendengar kabar Lorenzo memutuskan pindah ke Honda.

2 dari 2 halaman

Ducati Sudah Beri Peringatan Tegas

Ciabatti juga menyatakan telah memberi peringatan tegas kepada manajer pribadi Lorenzo, Albert Valera, bahwa Ducati takkan bisa melanjutkan kerja sama apa bila Lorenzo tak kunjung meraih hasil baik.

"Saya harus katakan, benar adanya bahwa kami bicara dengan Petrucci beberapa pekan sebelumnya. Itu bukan rahasia karena kami sudah memberi penegasan pada manajer Jorge, bahwa kami akan menunggu. Tapi jika ia terus tampil buruk, maka tak ada peluang untuk melanjutkan kerja sama," tutup Ciabatti.

Lorenzo terhitung membela Ducati selama dua tahun saja, dengan bayaran 25 juta euro. Ia membutuhkan 1,5 musim untuk beradaptasi dengan Desmosedici, sebelum akhirnya meraih kemenangan di Mugello, Catalunya, dan Red Bull Ring.

Kemenangan Dramatis Dovizioso atas Marquez di MotoGP Austria

KOMENTAR