BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Lorenzo: Marquez Bisa Tambah Gelar, Tapi Takkan Samai Karisma Rossi

04-01-2022 15:20 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Bola.net - Eks pembalap MotoGP sekaligus lima kali juara dunia, Jorge Lorenzo, berpendapat bahwa Valentino Rossi merupakan pembalap terbaik dalam sejarah Grand Prix, bahkan melebihi Giacomo Agostini. Lewat Motosan, Jumat (31/12/2021), ia juga mengaku yakin Marc Marquez takkan bisa menyamai karisma The Doctor.

Seperti yang diketahui, Lorenzo dan Rossi merupakan rival sengit saat masih setim di tim pabrikan Yamaha pada 2008-2010 dan 2013-2016. Meski begitu, Lorenzo memang dikenal tak pernah segan mengakui bahwa Rossi merupakan salah satu pembalap terbaik yang pernah ia lawan di kelas para raja.

Ketika ditanya siapa yang ia rasa layak dapat status rider terbaik sepanjang masa, Lorenzo juga menyebutkan nama Rossi. Meski Agostini merupakan 15 kali juara dunia (8 di GP500) sementara Rossi menyabet 9 gelar (7 di GP500/MotoGP), menurut Lorenzo ada banyak faktor yang membuatnya yakin Rossi lebih hebat dari Agostini.

1 dari 2 halaman

Giacomo Agostini dan Valentino Rossi Berbeda Era

Jorge Lorenzo dan Giacomo Agostini (c) MotoGP.com
Jorge Lorenzo dan Giacomo Agostini (c) MotoGP.com

Lorenzo merasa tak bisa menilai Agostini, karena tak pernah menonton pria itu balapan pada era 1970an. 'Ago' juga diyakini Lorenzo punya kans meraih gelar lebih banyak karena dulu boleh turun di dua kelas berbeda. Selain itu, motor-motor yang dikendarai Agostini tak berteknologi tinggi seperti motor MotoGP masa kini.

"Rider yang punya gelar dunia terbanyak di kategori terpuncak adalah Ago dan Vale. Namun, saya tak pernah nonton Ago balapan, dan ia berasal dari era berbeda, dengan perbedaan regulasi teknis yang sangat jauh. Pada masanya, Anda juga bisa berkompetisi dan menang di kategori berbeda pada hari yang sama," ujar Lorenzo.

Pria berusia 34 tahun ini bahkan membandingkan Rossi dengan Diego Maradona, mendiang legenda sepak bola Argentina, karena sama-sama berkarisma dan punya kepribadian kuat. Menurut Lorenzo, pembalap hebat yang akan dikenang tak lagi bisa sekadar berprestasi, melainkan juga harus bisa menyentuh hati penggemar.

2 dari 2 halaman

Karisma Valentino Rossi Ungguli Marc Marquez

Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC

"Tanpa mengurangi rasa hormat atas apa yang dilakukan Ago, saya lebih pilih Vale (sebagai pembalap terbaik dalam sejarah). Pasalnya, ia bagai Maradona di sepak bola, sangat hebat di dalam lapangan. Di luar lapangan, ia juga pemimpin dengan kepribadian dan karisma yang kuat. Hal ini harus diperhitungkan juga," tutur Lorenzo.

Marc Marquez pun kini punya 8 gelar dunia (6 di MotoGP) dan punya peluang menyamai rekor Rossi. Namun, Lorenzo menyatakan, bahwa pembalap Repsol Honda itu tak memiliki karakter yang berkarisma seperti Rossi, karena hal ini sangat jarang terjadi di dunia balap motor.

"Lionel Messi dan Marc Marquez bisa jadi meraih gelar lebih banyak, namun karakter yang berkarisma seperti Maradona dan Vale jarang terlihat. Menurut saya itu adalah nilai plus," pungkas Lorenzo, yang pensiun dalam usia 32 tahun pada akhir 2019 akibat cedera punggung berkepanjangan.

Sumber: Motosan

KOMENTAR