BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lorenzo Akui Harus Tiru Marquez demi Jinakkan Honda

21-05-2019 14:00 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo. (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo. (c) HRC

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, mengaku dirinya harus mengubah gaya balap mendekati gaya balap Marc Marquez jika ingin menjinakkan motor RC213V. Meski begitu, ia menyatakan bahwa proses ini bakal memakan waktu yang cukup lama. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya bersama Motociclismo.

Sejak naik ke MotoGP 2013, Marquez sukses meraih lima gelar dunia dan jadi satu-satunya rider Honda yang mampu konsisten meraih kemenangan. Lorenzo, yang tadinya membela Yamaha selama sembilan musim dan Ducati selama dua musim, mengakui harus bekerja keras jika ingin mematahkan 'tradisi' Marquez.

"Demi berada di level Marc, Anda harus berkendara seperti dia. Ia memanfaatkan kepercayaan diri saat masuk tikungan, memanfaatkan lintasan, mengambil kemiringan dengan cepat. Ia bagai rider Supermoto yang dengan cepat masuk ke tikungan, dan saya harus mendekati gaya balap itu," ujar Por Fuera.

1 dari 2 halaman

Alami Kemajuan, Masih Jauh dari Marquez

Lorenzo pun dapat kemajuan di Le Mans, Prancis akhir pekan lalu. Untuk pertama kali, ia start dari delapan besar. Lima kali juara dunia ini mengaku perubahan ergonomi RCV cukup membantu, yakni saat ia memakai jok standar Honda, usai sebelumnya memakai jok yang lebih lebar seperti semasa di Yamaha.

"Motor Honda mulai memberi saya sedikit kepercayaan diri dan saya nyaman dengan ergonominya. Tapi saya masih tertinggal dari Marc. Saya telah mengalami beberapa kemajuan, tapi ini tak mudah karena Marc punya pengalaman tujuh tahun dengan motor ini," ungkap Lorenzo.

2 dari 2 halaman

Hanya Ingin Persempit Margin

Rider Spanyol ini pun mengaku belum punya target tinggi dalam menjalani balapan-balapan berikutnya. Keinginannya hanyalah memperbaiki performa di setiap pekan balap dan mempersempit margin dari para rider terdepan.

"Target saya hanya mendekati pemenang. Pada lap tunggal dan jarak balap, saya makin dekat dibanding sebelum-sebelumnya, termasuk di kualifikasi. Saya mampu bertarung dengan beberapa pebalap di depan. Sebelumnya, saya bertarung dengan Zarco, Oliveira, Aleix, Iannone... jadi balapan kali ini berbeda," tutupnya.

Menjelang MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 31 Mei-2 Juni mendatang, Lorenzo berada di peringkat 14 pada klasemen pebalap dengan koleksi 16 poin.

Kemenangan Dramatis Dovizioso atas Marquez di MotoGP Austria

KOMENTAR