Lorenzo: 15 Gelar? Marquez Lebih Fantastis daripada Agostini

Anindhya Danartikanya | 6 Januari 2020, 15:15
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC

Bola.net - Eks pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo, mengaku takkan heran jika Marc Marquez bisa menyamai rekor gelar dunia milik Giacomo Agostini, yang merupakan 15 kali juara dunia. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Motosan.es.


Sejak Marquez menjalani debut MotoGP pada 2013, Lorenzo menjadi satu-satunya rider yang mampu menjegal langkahnya merebut gelar dunia, yakni pada 2015. Menjalin rivalitas yang berat, Lorenzo pun paham benar apa kekuatan dan kelemahan Marquez.

"Dalam hidup, segala hal bisa berbalik 180 derajat. Tapi jelas jika terus punya ambisi dan motivasi sebesar itu untuk bekerja keras, maka Anda bisa meraih apa pun. Marc rider yang unik, dengan karakter yang sangat berbeda dari banyak juara dunia," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Kuat, Tapi Harus Jaga Ambisi

Lorenzo paham betul bahwa Marquez punya ambisi besar meraih kemenangan sebanyak mungkin, dan hal inilah yang membuatnya selalu tampil dominan setiap tahun. Meski begitu, Lorenzo yakin Marquez harus tetap mengendalikan ambisi ini agar tak dilampaui rider lain.

"Ia punya banyak kekuatan, tapi seperti banyak orang juga, ia punya beberapa kelemahan. Menurut saya, salah satu kekuatannya adalah ambisi untuk selalu menang dalam situasi apa pun, membuktikan kepada rider lain bahwa ia adalah yang terkuat," tuturnya.

"Kekuatan itu yang membuatnya unik, tapi ini juga bisa jadi kelemahan jika ia tak mengendalikan ambisi, karena ini olahraga berisiko. Makin ambil risiko, Anda bisa mengalami cedera parah. Untungnya, Marc secara perlahan memperbaiki kekurangannya," ungkap Por Fuera.

2 dari 2 halaman

Bakal Lebih Fantastis dari Agostini

"Jika Marc bisa mengendalikan ambisi dalam beberapa tahun ke depan, ia bisa lebih sukses, karena sebagai atlet, ia adalah 'monster' pada banyak area. Selain itu, tanpa merendahkan prestasi Ago, tapi Ago dulu boleh turun di beberapa kejuaraan pada musim yang sama," ujar Lorenzo.

"Kala itu, level teknisnya juga tak ketat dan jumlah rider yang turut serta belum tinggi. Menurut saya, jika Marc berhasil menyamai rekor Ago, maka bakal lebih fantastis, meski ia harus melakukannya lebih dulu," pungkas lima kali juara dunia.

Saat ini, Marquez yang masih berusia 26 tahun, tengah mengoleksi 8 gelar dunia, 134 podium, 82 kemenangan, dan 90 pole. Di lain sisi, Agostini di sepanjang kariernya mengoleksi 15 gelar dunia, 159 podium, 122 kemenangan, dan 9 pole.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR